Ingat Koeman, Tanpa Lionel Messi dan Luis Suarez, Barcelona Hanyalah Macan Ompong

Olahraga | skor.id | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 05:00
Ingat Koeman, Tanpa Lionel Messi dan Luis Suarez, Barcelona Hanyalah Macan Ompong
- Barcelona berada di ambang perubahan terbesar mereka di era modern. Klub raksasa Spanyol itu berpotensi kehilangan dua bintang fenomenal dalam satu musim panas.

Nama pertama adalah Luis Suarez, striker utama Barcelona dalam enam musim terakhir. Pria asal Uruguay itu kabarnya tak lagi dibutuhkan oleh pelatih anyar, Ronald Koeman.

Keputusan Koeman mendepak Suarez secara tidak langsung berdampak kepada kejutan kedua: rencana kepergian sang megabintang Lionel Messi.

Hubungan harmonis selama hampir dua dekade terancam bubar karena Messi kecewa berat terhadap performa dan manajemen klub, musim lalu.

Jika dua skenario tersebut benar terjadi, maka Barcelona akan berada dalam masalah besar.

 

Tak terbantahkan bahwa Luis Suarez dan Lionel Messi merupakan pilar Barcelona dalam merengkuh sederet trofi bergengsi di level domestik sampai kontinental.

Faktanya, tanpa gol dan assist duo penyerang tersebut, Barcelona tak ubahnya bagai macan ompong: nama besar tanpa gigitan mematikan.

Bukti terkini bisa dilihat pada 2019-2020. Meski dinilai sebagai periode terburuk mereka, Messi dan Suarez tetap mampu menyumbang total 41 gol buat Blaugrana di Liga Spanyol.

Jumlah tersebut nyaris separuh (47,6 persen) produktivitas tim Barcelona. Tanpa Messi dan Suarez, mereka mungkin berada jauh di papan bawah klasemen.

Duet Lionel Messi-Luis Suarez tampil dalam lima musim penuh di Barcelona (mengingat musim debut Suarez tertunda oleh hukuman FIFA pada 2014-2015).

Dalam periode tersebut, kedua penyerang mampu mencetak rata-rata 79 gol dan 38,4 assist permusim.

Messi mencatat 44,4 gol dan 21,2 assist permusim, sementara Suarez tak kalah impresif dengan 34,6 gol dan 17,2 assist.

Kontribusi mereka menghasilkan tiga titel Liga Spanyol dan tiga Piala Raja Spanyol buat Barcelona dalam lima tahun.

Kini, dua mesin gol fenomenal tersebut bakal hengkang dari Camp Nou pada saat bersamaan. Bayangkan efeknya bagi permainan dan prestasi Barcelona.

Jika musim lalu terlihat buruk, musim depan Blaugrana bisa tersungkur habis tanpa Lionel Messi dan Luis Suarez.

Takkan mudah bagi Ronald Koeman mencari deretan penyerang baru yang bisa mencetak gol secara konsisten, apalagi sampai 79 gol permusim.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Barcelona Lainnya:

Agen: Masa Depan Lionel Messi dan Luis Suarez Saling Terkait

Ingin Tinggalkan Barcelona, Messi Didukung Puyol dan Suarez

Artikel Asli