Klopp: Kami tak Punya Peluang Boyong Messi

Olahraga | republika | Published at Sabtu, 29 Agustus 2020 - 00:30
Klopp: Kami tak Punya Peluang Boyong Messi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menegaskan, the Reds tidak akan berusaha untuk ikut dalam perburuan tanda tangan bintang Barcelona, Lionel Messi. Tingginya potensi nilai transfer dan gaji selangit Messi menjadi halangan terbesar juara Liga Primer Inggris musim lalu itu untuk bisa merekrut peraih enam gelar Ballon dOr tersebut.

Lewat sebuah surat kepada manajemen Barcelona, awal pekan ini, Messi mengungkapkan keinginannya untuk menyudahi kiprahnya bersama tim asal Katalan tersebut. Keputusan pemain berusia 33 tahun itu pun berimbas pada munculnya rumor terkait klub-klub yang berminat memboyong Messi dari Stadion Camp Nou pada bursa transfer musim panas kali ini.

Mulai dari Inter Milan, Paris Saint Germain (PSG), Manchester City, hingga Manchester United, masuk dalam pusaran rumor soal klub yang akan dibela Messi pada musim depan. Dari klub-klub tersebut, City menjadi klub terdepan dalam upaya perekrutan pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Kendati tertarik melihat Messi bergabung bersama Liverpool, tapi Klopp menegaskan, klubnya tidak akan mencoba untuk merekrut megabintang asal Argentina tersebut. Pelatih asal Jerman itu menilai, tingginya nilai transfer, yang nantinya dapat diminta Barcelona, ataupun gaji selangit Messi menjadi alasan klubnya tidak akan berupaya merekrut La Pulga.

Tertarik? Tentu saja. Siapa yang tidak menginginkan Messi berada dalam timnya? Tapi, tidak ada peluang (untuk merekut Messi). Angka jelas-jelas bukan buat kami. Jadi, kami tidak perlu berpikir soal kemungkinan itu. Jelas, tidak ada peluang buat kami, kata Klopp seperti dilansir Express, Jumat (28/8).

photo
Lionel Messi - (EPA-EFE/Alejandro García)


Sebelumnya, Barcelona dan pewakilan Messi berselisih terkait klausul kontrak, yang menyebutkan Messi bisa hengkang pada akhir musim. Barcelona menilai, tenggat waktu pengaktifan klausul tersebut telah terlewat dan Messi masih menjadi pemain Barcelona. Alhasil, Messi hanya bisa dilepas apabila ada klub yang menebus klausa pelepasannya, yang mencapai 700 juta euro.

Terlepas dari perselisihan tersebut, Barcelona kabarnya siap melepas Messi dengan nilai transfer tidak kurang dari 222 juta euro. Dengan nilai transfer ini, maka Messi akan menjadi pemain termahal di dunia. Sementara untuk besaran gaji, top skorer sepanjang masa Barcelona itu diketahui memiliki gaji mencapai 99,6 juta euro per tahun. Angka-angka inilah, menurut Klopp, yang rasanya sulit untuk dipenuhi oleh Liverpool.

Pesaing terberat Liverpool dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris dalam dua musim terakhir, Manchester City, dikabarkan memiliki peluang besar untuk merekrut Messi. Klopp pun menyebut, apabila Messi bergabung bersama City, maka akan bertambah berat buat Liverpool untuk mengalahkan tim besutan Pep Guardiola tersebut.

Kendati begitu, Klopp cukup antusias untuk bisa melihat Messi tampil di luar Spanyol untuk pertama kalinya di sepanjang karier pemain kelahiran Rosario, Argentina, tersebut. Tentu, akan semakin sulit untuk mengalahkan City. Namun, akan sangat menarik untuk melihat Messi tampil di luar La Liga untuk pertama kalinya. Sepak bola jauh berbeda di Inggris. Jadi, saya tertarik untuk melihat Messi tampil di sini, ujar mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Artikel Asli