Undangan Makan Siang Roger Federer Menjadi Kunci Mikaela Shiffrin ke Puncak Ski Alpine Wanita

Undangan Makan Siang Roger Federer Menjadi Kunci Mikaela Shiffrin ke Puncak Ski Alpine Wanita

Olahraga | skor.id | Jum'at, 27 Januari 2023 - 11:15
share

SKOR.id - Makan siang bersama Roger Federer di rumahnya di Swiss diakui Mikaela Shiffrin merupakan momen kunci untuk menghidupkan kembali kariernya - dan bahkan dapat membantu memperpanjangnya.

Shiffrin mencatatkan namanya sebagai pemain ski paling sukses dalam sejarah Piala Dunia wanita, tetapi dia tidak begitu yakin dengan statusnya sebagai Atlet Terbesar Sepanjang Masa (GOAT).

Bintang ski Amerika Serikat itu mengklaim kemenangan Piala Dunia ke-83 usai kemenangan slalom raksasanya di gunung Kronplatz di Italia utara pada hari Selasa untuk melampaui rekor putri yang dipegang oleh rekan senegaranya Lindsey Vonn (82).

Hanya 24 jam kemudian dia meraup kemenangan nomor 84 yang menandakan tinggal dua kemenangan lagi baginya untuk mengejar rekor sepanjang masa yang dipegang oleh Ingemar Stemmark (86).

Di sela-sela selebrasi itulah,Shiffrin mengungkapkan bahwa dia dan Federer berbicara ketika dia berkompetisi di Lenzerheide tahun lalu. Sang maestro tenis kemudian menyampaikan undangan kepadanya untuk bergabung bersamanya di rumah keluarganya.

Momen itu terjadi selama musim di mana Shiffrin berjuang setelah Olimpiade Beijing yang mengecewakan, di mana dia gagal tampil ke level yang diharapkan darinya.

Musim ini, bagaimanapun, sama sekali berbeda, dengan Shiffrin memecahkan rekor Vonn, untuk kemudian menutupnya dengan cepat pada rekor 86 sepanjang masa milik Ingemar Stenmark dengan kemenangan lain pada hari Selasa, kali ini di Kronplatz.

"Saya merasa makan siang itu terjadi di saat saya benar-benar membutuhkan alasan untuk menjadi positif dan bersemangat," kata Shiffrin kepada Wall Street Journal.

Dia (Federer) berkata, \'untuk menjaga umur panjang karier Anda, Anda perlu meluangkan waktu untuk melihat-lihat, menghargai di mana Anda berada, dan menghirupnya\'. Karena ketika Anda semakin mendalami karier Anda, ketika semakin sulit untuk melihat ke atas dan di sekitar Anda dan menghargai segalanya pada saat itu, maka itulah saat yang paling penting untuk melakukannya\'."

Shiffrin menambahkan Federer telah menasihatinya untuk "menikmati saat-saat paling luar biasa karena apa yang Anda lakukan luar biasa", melanjutkan: "Dan saya seperti, \'Ya ampun, Roger Federer berbicara kepada saya tentang karier saya\'."

"Agak sulit untuk benar-benar memahami semuanya, memahami semua yang dia katakan, karena saya agak terpesona sepanjang waktu."

"Untuk pertama kalinya sejak Olimpiade, saya menghilangkan perasaan menjijikkan yang saya alami di sana."

Shiffrin, yang masih berusia 27 tahun, juga mengungkapkan Federer telah menyarankan dia bisa terus berkompetisi selama satu dekade lagi, dan - mengingat ide itu berasal dari seorang legenda tenis- mengakui dia "pasti bisa melihat beberapa tahun lagi."

Dia kemudian menceritakan reaksi kocak di antara para atlet ski wanita di Lenzerheide pada hari kehadiran Federer saat itu.

Semua wanita seperti, \'Ya ampun, mereka menunjuk ke arah Roger - Roger Federer ada di sini! Dia ada di garis finis!\'.Semua orang menjadi sangat gugup - lebih gugup karena dia ada di sana daripada balapan itu sendiri."

Rekor Shiffrin untuk kemenangannya yang ke-83 datang dengan cara yang dramatis saat dia mengalahkan Lara Gut-Behrami dengan sprint yang menakjubkan untuk menang dengan selisih 0,45 detik.

Keesokan harinya, Shiffrin menang dengan selisih besar 0,82 detik dari Ragnhild Mowinckel dari Norwegia untuk kemenangan beruntun.

Dengan dua balapan slalom di Spindleruv Mlyn akhir pekan ini, Shiffrin bisa menyamai rekor Stenmark, tetapi dia mengatakan rahasia kesuksesannya sebenarnya adalah berusaha untuk tidak terobsesi dengan kemenangan dan fokus hanya bermain ski dengan baik.

Setiap hari saya mencoba untuk fokus pada ski saya, benar-benar hanya berusaha untuk berkembang dan di situlah saya paling bahagia. Itulah yang sangat saya sukai, tentu saja."

Tapi tahukah Anda, inti dari balap ski adalah untuk menang. Ini adalah olahraga berjangka waktu dan memiliki waktu tercepat di gunung."

Para Rival pun Salut
Saingan Mikaela Shiffrin bahkan memberi hormat atas kemenangannya yang "luar biasa" di Kronplatz yang membuatnya menjadi pemain ski wanita paling sukses sepanjang masa.

Tessa Worley, Marta Bassino, dan Nina O\'Brien berbicara kepada Eurosport tentang Shiffrin yang "menginspirasi", yang sekarang menyamai rekor Stenmark dengan 86 kemenangan Piala Dunia, yang terbanyak untuk pemain ski mana pun dalam sejarah olahraga tersebut.

Worley, juara dunia ski empat kali memimpin tribute untuk kemenangan bersejarah Shiffrin.

"Semua orang tahu itu akan terjadi," kata Worley, yang telah jadi salah satu rival terbesar Shiffrin di slalom raksasa selama satu dekade terakhir, kepada Eurosport.

Yang saya suka adalah dia (Mikaela) melakukannya dengan sopan, dia pergi ke balapan dan memenangkan lari pertama dan pergi untuk memenangkan balapan."

Ini citra yang bagus untuk olahraga dan pemain ski Alpen wanita. Dia masih melakukan hal-hal luar biasa. Ini adalah inspirasi bagi kami untuk terus maju."

Kami terkadang membuatnya sedikit sulit (untuknya). Jadi kami harus terus melakukan ini dan itulah yang membuat levelnya begitu tinggi dan menarik.

Kemenangan Shiffrin juga memberinya keunggulan 49 poin atas Marta Bassino menuju slalom raksasa kedua di Kronplatz pada hari Rabu.

Yang jelas, Bassino bahkan kehilangan kata-kata saat mencoba menggambarkan apa yang telah dicapai Shiffrin dalam olahraga tersebut.

Dia benar-benar luar biasa, seorang atlet hebat, saya selalu mengagumi Mikaela, ujarnya.
Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya tetapi dia benar-benar luar biasa, hampir seperti, sempurna. Sangat menginspirasi."

Nina O\'Brien dari Amerika melihat Shiffrin hampir setiap hari selama musim Piala Dunia dan sebelumnya menyatakan dia dan rekan satu timnya belajar banyak dari pemain berusia 27 tahun itu.

Tentang rekor baru Shiffrin, O\'Brien berkata: Saya merasa sangat beruntung menjadi rekan setimnya di era ini dan menonton sejarah setiap harinya. Ini sangat menyenangkan dan dia juga sangat mendukung.

Stenmark termasuk di antara mereka yang berharap lebih banyak kehebatan dari Shiffrin.

"Shiffrin akan memenangkan lebih dari 100 (lomba)," prediksinya dalam sebuah wawancara dengan Olympics.com, "dan itu sama sekali tidak membuat saya sedih."

Shiffrin, yang lahir dan besar di Colorado, telah balapan ski di sirkuit Piala Dunia sejak 2011 - memulai kariernya tepat sebelum berusia 16 tahun.

Dia adalah satu-satunya pemain ski dalam sejarah yang memenangi perlombaan di semua enam disiplin Piala Dunia: downhill, super-G, slalom, slalom raksasa, gabungan, dan paralel.

Shiffrin juga menunjukkan konsistensi yang langka, mengatasi cedera pada punggungnya dan lututnya dalam olahraga di mana para atlet meluncurkan tubuh mereka dengan kecepatan mencapai 75 hingga 80 mph. Pada musim Piala Dunia 2018-19, ia memenangkan 17 balapan prestasi yang belum pernah disamai oleh pemain ski pria atau wanita lainnya.

Dengan semua pencapaian itu, tidak diragukan lagi bahwa Shiffrin layak disebuat GOAT.Tapi wanita itu tetap berkepala dingin dan mengakui bahwa dia bahkan tidak tahu bagaimana rasanya diurapi sebagai yang terbesar yang pernah ada.

"Tidak, saya tidak tahu seperti apa rasanya," katanya dalam wawancara dengan CNN.Apa artinya itu? Itu hanyaSaya mengerti. Saya mengerti itu. Itu hanya menempatkan emosi atau perasaan padanya. Saya tidak bisa membungkusnya dengan kata-kata, terlalu banyak."

Mungkin suatu hari nanti, tetapi saat ini saya hanya merasa seperti pembalap ski dan saya mengalami musim yang sangat bagus.Tapi yang terhebat sepanjang masa? Saya tidak berpikir itu adalah sesuatu yang Anda rasakan - untuk saya."

"Mungkin beberapa orang melakukannya dan memuji mereka, tapi saya belum di sana." ***

VIDEO: James Bond-nya Freestyle Skiing Ini Menuruni Lereng Quetrupillan di Depan Longsoran Salju

Tima Deryan: Wanita Arab Pendaki Tujuh Puncak Tertinggi Dunia dan Bermain Ski ke Kutub Selatan

&
Topik Menarik