Al-Attiyah Atasi Rute Berbatu untuk Menangi Etape Kedua FADEL SENNA / AFP

Al-Attiyah Atasi Rute Berbatu untuk Menangi Etape Kedua FADEL SENNA / AFP

Olahraga | koran-jakarta.com | Rabu, 4 Januari 2023 - 06:57
share

AL-ULA - Juara bertahan Nasser Al-Attiyah (Toyota) menggunakan seluruh pengalamannya di medan berbatu untuk memenangkan etape kedua sejauh 430 km dari Sea Camp ke Al-Ula di Reli Dakar yang berlangsung Senin (2/1) waktu setempat.

Meski banyak saingannya tertahan, termasuk Sebastien Loeb (Prodrive) yang tertinggal hampir satu setengah jam, pembalap Qatar Al-Attiyah meraih kemenangan dengan unggul 14 detik.

Carlos Sainz (Audi) finis kedua terpaut 5 menit 5 detik. Namun, itu cukup untuk memberi pembalap Spanyol tersebut keunggulan dalam klasifikasi umum sementara, 2 menit 12 detik di depan Al-Attiyah. Mathieu Serradori (Century) finis ketiga, 24 menit 55 detik di belakang Sainz.

"Itu benar-benar waktu yang tepat untuk menyerang dan melakukan balapan dengan baik," ujar Al-Attiyah. "Bukan hari yang mudah. Ada banyak bebatuan dan navigasinya tidak mudah. Kami mengalami satu ban kempes, satu bocor di awal, tapi setelah itu kami mencoba untuk sangat berhati-hati di tempat berbatu," sambungnya.

Harapan Loeb untuk bersaing memperebutkan gelar di reli Dakar untuk pertama kali kini terancam setelah etape yang digambarkan sangat sulit. "Seluruh etape ini neraka," ujar Loeb dengan wajah kaku ketika keluar dari mobilnya yang kehilangan kap mesin, robek saat terjadi benturan.

"Kami melakukan segalanya untuk mengemudi perlahan, tidak ada yang bisa dilakukan. Sama sekali tidak cocok untuk mobil seperti ini," sambungnya. Juara reli dunia sembilan kali, yang finis kedua tahun lalu itu, kini berada di urutan 31 dalam klasemen keseluruhan. Dia terpaut 1 jam 21 menit dari puncak.

Sementara itu, pembalap Amerika Serikat, Mason Klein, memimpin secara keseluruhan dalam kategori sepeda motor setelah memenangkan etape kedua. "Sebagian besar hari saya hanya mengikuti orang lain. Kemudian pada bagian terakhir mereka membuat lelucon dan saya memimpin," ujar Klein.

Klein mengatakan, akan mengambil giliran meninggalkan mereka. Rekan senegaranya, Ricky Brabec, berada di posisi kedua lebih lambat 8 menit 19 detik dari pembalap KTM Klein. Pembalap AS lainnya Skyler Howes finis ketiga terpaut 1 menit 13 detik. ben/AFP/G-1

Topik Menarik