Bus Thailand Diserang, Shin Tae-yong Khawatir Timnas Indonesia Dapat Serangan Balasan

Bus Thailand Diserang, Shin Tae-yong Khawatir Timnas Indonesia Dapat Serangan Balasan

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:41
share

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong khawatir imbas dari insiden lemparan ke bus Thailand oleh suporter Garuda pada Kamis (29/12/2022). Menurutnya, hal itu bisa berbalik ke Timnas Indonesia saat melakoni laga tandang.

Tidak hanya ke Thailand, Shin Tae-yong khawatir itu bisa terjadi di laga tandang Piala AFF 2022 Timnas Indonesia lainnya. Oleh karena itu, Shin sangat memohon kepada para suporter Timnas Indonesia untuk tidak mengulangi perbuatan buruk itu.

Seperti diketahui, kaca bus Timnas Thailand retak setiba mereka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) jelang laga melawan Skuad Garuda pukul 16.30 WIB. Suporter Timnas Indonesia ramai meneriaki tim Thailand sembari memberikan jari tengah kepada pemain di dalam bus.

Kaca bus Timnas Thailand tampak retak usai diserang suporter tak bertanggung jawab (Foto: Twitter/@TL_Central)

Hal ini dinilai merupakan bentuk teror kepada lawan dengan cara yang tidak terpuji. Melihat hal itu, Shin Tae-yong khawatir ada serangan balasan ke Timnas Indonesia saat lakoni laga tandang Piala AFF 2022.

Mengingat Timnas Indonesia nantinya akan bertandang ke Filipina pada Senin 2 Januari 2023. Selain itu, tindakan tersebut juga bisa mengundang sanksi dari FIFA.

Padahal dua bulan lalu sudah ada kejadian yang memilukan dalam sepak bola Indonesia. Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada awal Oktober lalu telah menewaskan hingga 135 korban jiwa.

Shin Tae-yong mohon kepada para suporter Timnas Indonesia untuk sportif dan ramah dalam menyambut tamu. Ketakutan lain pria asal Korea Selatan itu adalah dicabutnya izin penonton hadir ke stadion.

"Saya minta tolong kepada para suporter agar tidak lakukan itu. Kita juga sama, bisa jadi saat kita bertandang diperlakukan hal yang sama. Jadi sekali lagi tolong jangan lakukan seperti itu," ujar Shin dalam konferensi pers usai laga, Kamis (29/12/2022).

Sebagai tambahan informasi, Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Thailand. Sementara ini posisi kedua tim belum berubah. Thailand masih duduk di puncak unggul selisih gol atas Timnas Indonesia yang ada di urutan kedua.

Topik Menarik