Stadion Olahraga Standar FIFA Bakal Dibangun di Banjarbaru, Begini Desainnya

Stadion Olahraga Standar FIFA Bakal Dibangun di Banjarbaru, Begini Desainnya

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 15:29
share

BANJARBARU, iNews.id - Stadion berstandar FIFA akan dibangun di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Bangunanya bahkan sudah masuk rencana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota setempat.

Kepala Dinas PUPR Banjarbaru, Eka Yuliesda mengatakan, Banjarbaru belum memiliki wadah olahraga yang representatif sehingga membangun stadion menjadi pekerjaan rumah yang siap direalisasikan. Gambaran kemegahan stadion itu pun diperlihatkan saat rapat proses pelaksanaan pekerjaan Detail Engineering Design (DED) pembangunan stadion di Aula Kantor PUPR Banjarbaru, Kamis (8/12/2022).

Pemkot Banjarbaru mulai konsen membangun stadion yang ke depan menjadi pusat olahraga sehingga semuanya harus disiapkan mulai perencanaan hingga tahapan lain yang dibutuhkan, ujar Eka Yuliesda, Kamis (8/12/2022).

Dari laporan akhir dari konsultan, pembangunan stadion direncanakan berada di lahan seluas 22.5 hektare. Khususu lahan stadion mencapai 6,1 hektare dan bangunan stadion mencapai 3 hektare.

Kepala Bidang Cipta Karya Nina Aprodita mengatakan, rencana pembangunan stadion olahraga berlokasi di Kecamatan Cempaka, Kelurahan Bangkal, dekat taman keanekaragaman hayati.

Gambar
Gambar 3 dimensi stadion olahraga berstandar FIFA yang perencanaan dan pembangunannya disiapkan Dinas PUPR Banjarbaru (Foto:dok Diskominfo Kota Banjarbaru)


Stadion dibangun sesuai standar FIFA dengan kapasitas sebanyak 23.600 penonton. Perencanaan sudah lengkap sehingga tinggal detail-detail teknis yang memerlukan pembahasan, ucapnya.

Pembangunan stadion standar FIFA ini bakal menelan dana sebesar Rp350 miliar. Pendataannya melalui APBN dengan target pelaksanaan mulai awal 2024 karena adanya proses persiapan lahan.

Topik Menarik