Jika Cristiano Ronaldo Tinggalkan Piala Dunia 2022, ini Keuntungan Portugal

Jika Cristiano Ronaldo Tinggalkan Piala Dunia 2022, ini Keuntungan Portugal

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 9 Desember 2022 - 08:50
share

JAKARTA, iNewsPonorogo.id - Isu Cristiano Ronaldo bakal tinggalkan skuad Timnas Portugal pada Piala Dunia 2022 ternyata banyak keuntungan yang didapat Portugal.

Menurut laporan Record mengutip dari Daily Mail, penyebab Cristiano Ronaldo ingin meninggalkan skuad Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 lantaran kesal menjadi pemain cadangan di laga Portugal vs Swiss.

Pesepakbola 37 tahun itu awalnya selalu turun sebagai starter dalam tiga laga yang dijalani Portugal di Grup H Piala Dunia 2022.

Namun sebenarnya, Federasi Sepakbola Portugal (FPF) telah merespons kabar itu FPF mengonfirmasi Cristiano Ronaldo tidak pernah mengancam ingin meninggalkan skuad karena alasan apa pun.

Berita yang dirilis kemarin mengabarkan Cristiano Ronaldo mengancam akan meninggalkan Timnas setelah mengadakan pembicaraan dengan pelatih Portugal, Fernando Santos. FPF mengonfirmasi kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, tidak pernah mengancam keluar selama tim berada di Qatar, tulis FPF di laman resmi mereka.

Meski begitu, pembicaraan ini tetap ramai disorot. Jika Ronaldo benar meninggalkan skuad Portugal, akankah tim itu merugi? Atau justru mereka mendapat keuntungan?

Kali ini, Okezone akan menyoroti keuntungan yang bisa didapat Timnas Portugal jika Cristiano Ronaldo tinggalkan skuad Piala Dunia 2022. Berikut 5 di antaranya.

1. Serangan Tak Mudah Ditebak

Cristiano Ronaldo

Selanjutnya, permainan Portugal juga kemungkinan menjadi lebih sulit ditebak lawan jika Cristiano Ronaldo tinggalkan skuad Piala Dunia 2022. Sebab, selama ini, Ronaldo diketahui jadi andalan Portugal dalam mencetak gol.

Ya, kehebatan Ronaldo dalam mencetak gol memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dia pun kerap jadi andalan Portugal dalam membobol gawang lawan. Tak ayal, dalam permainan Portugal, bola biasanya akan dioper lebih sering kepada Ronaldo untuk meneruskannya menjadi gol.

Namun, pola permainan ini tak jarang gagal membuahkan hasil manis karena lawan yang sudah menebak gaya permainan ini pasti memberi penjagaan ketat kepada Ronaldo. Jika tak ada Ronaldo di skuad Portugal, sang pelatih pasti akan menerapkan pola permainan baru dengan mengandalkan sosok lain untuk mencetak gol.

Hal itu pun akan membuat serangan Portugal menjadi sulit ditebak lawan. Alhasil, hasil manis pun berpeluang lebih mudah diraih Portugal.

2. Permainan Jadi Lebih Cepat

Cristiano Ronaldo

Kemudian, pola permainan Portugal juga kemungkinan menjadi lebih baik jika tidak ada Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022. Sebab, tempo permainan Portugal terlihat menjadi lebih cepat saat mencadangkan Ronaldo di laga babak 16 besar.

Kala Ronaldo dimainkan, tempo permainan Portugal terlihat lebih lambat. Hal itu terjadi karena mereka terlalu bertumpu kepada Ronaldo.

Di babak 16 besar, Portugal yang bermain dengan tempo cepat pun sukses mendominasi permainan. Portugal bahkan sudah unggul 5-1 sebelum Ronaldo masuk dari bangku cadangan pada menit ke-71.

3. Meraih Kemenangan Jadi Lebih Mudah

Timnas Portugal vs Swiss

Salah satu keuntungan yang bisa didapat Timnas Portugal jika Cristiano Ronaldo tinggalkan skuad Piala Dunia 2022 adalah peluang mereka untuk meraih kemenangan mungkin bisa jadi lebih mudah. Sebab, hal itu dialami Portugal kala mencadangkan Ronaldo di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Kala melawan Swiss di 16 besar, Ronaldo memang tak dipasang sang pelatih sebagai starter. Fernando Santos saat itu lebih memilih memainkan Goncalo Ramos di lini serang ketimbang Cristiano Ronaldo.

Keputusan itu pun ternyata berbuah manis.Portugal berhasil menang telak atas Swiss dengan skor 6-1. Ini jadi kemenangan terbesar yang diraih Portugal di Piala Dunia 2022 sejauh ini. Sebelumnya, di fase grup kala memainkan Ronaldo sejak awal laga, mereka menang tipis 3-2 atas Ghana, menang 2-0 atas Uruguay, dan kalah 1-2 dari Korea Selatan.

4. Ruang Ganti Lebih Harmonis

Cristiano Ronaldo

Kemudian, jika Cristiano Ronaldo tinggalkan skuad Piala Dunia 2022, ruang ganti Portugal kemungkinan menjadi lebih harmonis. Sebab, Ronaldo tampaknya punya ego besar.

Hal itu pun terlihat usai laga babak 16 besar Piala Dunia 2022. Ronaldo jadi sorotan karena terlihat langsung masuk ke ruang ganti saat rekan setimnya sedang merayakan kemenangan dengan fans usai memastikan diri lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2022. Disinyalir, ini merupakan sinyal Ronaldo ngambek karena dicadangkan.

5. Lebih Optimalkan Pemain Muda

Cristiano Ronaldo dan Joao Felix

Terakhir, ini adalah alasan penting. Jika Cristiano Ronaldo tinggalkan skuad Piala Dunia 2022, Timnas Portugal bisa lebih mengoptimalkan pemain mudanya.

Diketahui, Portugal memiliki sejumlah striker muda, salah satunya adalah Joao Felix. Namun, dia masih belum mendapat jam bermain optimal. Sebab, sang pelatih, lebih memilih menurunkan striker berpengalaman, seperti Ronaldo.

Jika tak ada Ronaldo, tentunya Joao Felix dan striker lainnya di Timnas Portugal berpeluang lebih diandalkan Fernando Santos. Mereka pun perlu memiliki pengalaman lebih dalam membela Timnas Portugal karena lambat laun akan menggantikan peran Ronaldo di tim.

Pasalnya, Ronaldo kini sudah berusia tak muda lagi. Dia sudah berusia 37 tahun saat ini. Bahkan, Piala Dunia 2022 disinyalir bisa jadi Piala Dunia terakhirnya.

artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul: 5 Keuntungan Timnas Portugal jika Cristiano Ronaldo Tinggalkan Skuad Piala Dunia 2022, Nomor 1 Alasan Penting

Topik Menarik