FIFA Pertimbangkan Gelar Adu Penalti sejak Fase Grup di Piala Dunia 2026

FIFA Pertimbangkan Gelar Adu Penalti sejak Fase Grup di Piala Dunia 2026

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 12:45
share

FIFA pertimbangkan gelar adu penalti sejak fase grup di Piala Dunia 2026 . Piala Dunia 2022 belum usai namun kabar mengenai Piala Dunia 2026 sudah santer terdengar.

Salah satunya adalah kabar FIFA yang akan memberikan kebijakan baru pada turnamen bergengsi empat tahunan tersebut. Mulai dari jumlah tim hingga kebijakan adu penalti.

Lantas apa kabar baru tersebut?

FIFA pertimbangkan gelar adu penalti sejak fase grup di Piala Dunia 2026

FIFA ingin adakan tendangan penalti sebelum pertandingan

Sebelumnya FIFA telah meresmikan adanya 48 tim yang akan bertanding di Piala Dunia 2026 dari yang sebelumnya hanya 32.

Dari 48 tim nantinya akan dibagi ke dalam 16 grup yang terdiri dari 3 tim. Dua tim teratas akan otomatis lolos ke babak 32 besar.

Tetapi, masalah dari format tersebut adalah dua tim teratas akan mengetahui perolehan poin tim ketiga sebelum pertandingan terakhir. Karena itulah ada opsi melakukan adu penalti sejak fase grup yang nantinya bakal memperebutkan poin.

Melansir dari Sportskeeda, Rabu (7/12/2022), opsi tersebut diambil untuk menghindari kolusi yang mungkin akan terjadi. Namun, jika menggunakan penalti pasca-pertandingan dikhawatirkan tim akan tetap tahu hasil mana yang akan lebih menguntungkan.

Dengan demikian FIFA mempertimbangkan kebijakan baru, yakni melakukan adu penalti pra-pertandingan. Jadi, sebelum bertanding, kedua tim lebih dulu akan bertarung di babak adu penalti untuk bisa meraih poin tambahan.

Hal ini cukup unik, karena banyak yang bertanya-tanya apakah kebijakan tersebut akan berpengaruh pada liga sepak bola di seluruh dunia. Namun, yang pasti FIFA melalui Kepala Pengembangan Teknis mereka, Marco van Basten menyebut bahwa pihaknya sudah lama ingin melakukan adu penalti sebelum laga tersebut.

Piala Dunia 2022

"Adu penalti memang bisa menjadi pilihan untuk turnamen dengan grup tiga di mana Anda bermain melawan dua lawan," kata Van Basten kepada outlet Jerman Sport Bild dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/12/2022).

Piala Dunia 2026 akan menjadi turnamen Piala Dunia terbesar sepanjang sejarah. Meski kebijakan tersebut telah bulat, kabarnya format grup empat tim dilaporkan belum sepenuhnya dihapuskan.

Demikian pembahasan mengenai FIFA pertimbangkan gelar adu penalti sejak fase grup di Piala Dunia 2026.

Topik Menarik