Kaesang-Erina Siap Gelar Pengajian Jelang Pernikahan

Kaesang-Erina Siap Gelar Pengajian Jelang Pernikahan

Olahraga | BuddyKu | Senin, 5 Desember 2022 - 22:02
share

IDXChannel - Tinggal menghitung hari Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggelar acara pernikahan. Namun sebelum resmi menjalani prosesi pernikahan, keduanya melakukan serangkaian pernikahan. Salah satunya adalah pengajian.

Pengajian pernikahan Kaesang dan Erina rencananya akan digelar pada 8 Desember 2022 mendatang. Mengingat rangkaian pengajian hal yang penting, lantas sebenarnya apa sih makna dan tujuan dari pengajian jelang pernikahan?

Pengajian pernikahan biasanya dilakukan oleh para calon pengantin muslimah. Meskipun tidak terbilang wajib, namun digelarnya acara pengajian diharapkan dapat membawa kelancaran dan keberkahan menuju hari H.

Ada beberapa calon pengantin yang menggelar pengajian dengan melanjutkan acara siraman dan ritual adat. Tetapi ada juga yang memisahkan tanggal untuk rangkaian prosesi tersebut.

Menurut Ustadz Dr. Sufyan Baswedan Lc MA mengatakan menggelar pengajian jelang pernikahan hukumnya bidah. Bidah sendiri merupakan hal yang tidak dilakukan oleh Rasulallah SAW tapi dilakukan dan dilaksanakan oleh umatnya setelah beliau wafat.

Namun jika seseorang tidak menyangkut-pautkan khataman Al Quran dan pengajian dengan prosesi akad nikah tadi, namun sekedar kebetulan saja maka tidak dianggap sebagai bidah, ujar Ustadz Sufyan Baswedan.

Menurut Ustadz Sufyan Baswedan, pengajian yang mengadakan khataman Al Quran sebaiknya dihindari.

Kalau pengajian yang sifatnya sekedar nasihat dan memanfaatkan momen berkumpulnya saudara dan keluarga, maka insya Allah tidak mengapa, pungkasnya.

Lantas apa saja yang harus dipersiapkan jelang pengajian pra nikah? Berikut ulasannya.

1. Busana muslim

Hal pertama yang harus dipersiapkan jelang pernikahan adalah busana muslim. Saat ini sudah banyak model busana muslim yang modern. Jangan lupa untuk menambahkan hijab atau selendang agar pengajian terasa lebih khidmat.

2. Makanan pengajian

Yang tak boleh dilewatkan adalah makanan jelang pernikahan. Jenis makanannya beragam bisa dipilih sesuai selera. Sementara itu, untuk penyajiannya bisa dua cara dengan prasmanan atau menggunakan nasi kotak.

3. Souvenir pengajian

Jangan lupa untuk menyediakan souvenir atau buah tangan untuk tamu undangan yang hadir di acara pengajian. Souver yang diberikan berbagai macam, bisa berupa hijab, mukena, sajadah, sarung, atau tasbih. Jangan lupa kemas souvenir dengan lebih menarik.

4. Buku pengajian pra nikah

Buku pengajian ini juga perlu untuk diberikan kepada tamu yang datang. Di dalam buku tersebut berisi surat dan bacaan doa yang diharapkan dapat menjadi doa atas kelancaran dan keberhasilan hari pernikahan.

(NDA)

Topik Menarik