Korsel Berhasil Lengser Portugal, 3 Negara Resmi Wakili Asia Bertanding di 16 Besar Piala Dunia

Korsel Berhasil Lengser Portugal, 3 Negara Resmi Wakili Asia Bertanding di 16 Besar Piala Dunia

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 3 Desember 2022 - 05:04
share

BUKAMATA - Korea Selatantampil menggila dengan menumbangkan Portugal 2-1 di laga penentu Grup H Piala Dunia 2022. Hasil ini membuat Korsel jadi tim Asia ketiga yang lolos ke fase gugur.

Portugal sebenarnya mengawali pertandingan dengan baik setelah sukses mencetak gol cepat, tepatnya di menit kelima, lewat Ricardo Horta.

Namun, Korsel mampu menyamakan skor 1-1 pada menit ke-27 lewat sepakan voli jarak dekat Kim Young Gwon usai memanfaatkan blunder Cristiano Ronaldo. Skor imbang tersebut bertahan hingga jeda laga.

Duel sengit tersaji di babak kedua. Baik Portugal maupun Korsel silih berganti menebar ancaman berbahaya. Akan tetapi Taeguk Warriors yang mampu keluar sebagai pemenang.

Adalah Hwang Hee Chan yang muncul sebagai pahlawan kemenangan Korsel. Hwangyang masuk sebagai pemain ganti, berhasil menuntaskan umpan cantik Son Heung Min di kotak penalti.

Hasil ini memastikan Korsel finish sebagai runner up Grup H sekaligus lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Korsel menjadi pendamping Portugal yang finis sebagai juara grup.

Dengan demikian, Korsel jadi tim ketiga asal Asia yang berhasil melaju ke 16 besar. Dua tim lain yang lebih dulu membuat kejutan adalah Australia dan Prancis.

Australia juga lolos sebagai runner up Grup D usai mengalahkan Denmark 1-0 di laga penentu. Australia hanya kalah selisih gol dari Prancis yang jadi tim pertama yang memastikan tiket ke babak gugur.

Sementara Jepang jadi satu-satunya wakil Asia yang finis sebagai juara grup. Tim Samurai Biru berhak memuncaki Grup E usai mengalahkan Spanyol 2-1 di partai terakhir.

Perjalanan Jepang ke 16 besar terbilang fantastis karena mampu menumbangkan Jerman 2-1 di laga perdana namun sempat kalah 0-1 dari Kosta Rika di matchday kedua.

3 Tim Asia Lolos 16 Besar Piala Dunia

1. Korea Selatan

2.Jepang

3. Australia

Topik Menarik