Sempat Ngelarang Tapi Menpora Bolehin GBK Dipakai Relawan Jokowi Karena Belum Renovasi, Menteri Basuki: Tak Ada Renovasi

Sempat Ngelarang Tapi Menpora Bolehin GBK Dipakai Relawan Jokowi Karena Belum Renovasi, Menteri Basuki: Tak Ada Renovasi

Olahraga | BuddyKu | Senin, 28 November 2022 - 17:27
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta tidak akan direnovasi menjelang Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 2023. Pemakaian GBK sempat dilarang Menpora namun ternyata malah digunakan untuk sebuah acara yang menghadirkan ribuan relawan Jokowi.

GBK tak ada renovasinya. Yang ada untuk stadion-stadion lainnya, bukan untuk GBK, kata Basuki di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Ia mengatakan, Kementerian PUPR hanya mencanangkan renovasi untuk stadion-stadion lainnya yang juga digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 seperti Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Surakarta, Stadion Wayan Dipta Bali dan lainnya.

Oh enggak, enggak ada programnya (renovasi GBK). Yang lain itu, ujarnya.

Kementerian PUPR, kata Basuki, juga sudah memulai pekerjaan renovasi untuk sejumlah stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20.

Ya kecuali nanti kalau ada akibat dari kemarin (acara relawan Jokowi Nusantara Bersatu) ya mungkin (renovasi GBK). Tapi yang selama ini yang kita survei yang di luar, yang Jakabaring, Manahan, Wayan Dipta, Jalak Harupat. GBK tidak ada, kata dia.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dapat dipergunakan relawan Jokowi pada Sabtu (26/11) untuk acara "Nusantara Bersatu" karena belum menjalani renovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Kalau mereka (Kementerian PUPR) sudah masuk, nah sampai dengan selesainya event (Piala Dunia U-20) itu tidak boleh digunakan. Yang kemarin kan PU (Kementerian PUPR) belum masuk, belum mulai. Jadi ukurannya itu," kata Amali di kawasan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin.

Amali mengklarifikasi pernyataannya pada beberapa waktu lalu yang menyebut Stadion GBK, Jakarta, tidak boleh digunakan hingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 usai pada 2023. Menurut Amali, pernyataannya pada 2 November 2022 itu menyebutkan kondisi jika GBK telah memasuki masa renovasi.

"Apa yang pernah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu ketika waktu itu ada (konser) Blackpink dan lain-lain. Saya sampaikan kalau renovasi sudah dimulai. Renovasi itu ditandai oleh tim dari (Kementerian PUPR) PUPR masuk ke GBK, ke Stadion Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan Solo, Stadion GBT Surabaya, Stadion Wayan Dipta Bali, dan Jakabaring Palembang," ujarnya.

Amali, seperti dikutip dari Antara mengatakan, renovasi stadion sepak bola yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 akan dimulai pada Desember 2022.

Sebagai informasi, berbagai kelompok relawan Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu yang dihadiri oleh ribuan orang pada Sabtu (26/11) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Penggunaan GBK oleh ribuan relawan tersebut memunculkan pertanyaan karena sebelumnya Menpora Amali memberikan pernyataan bahwa stadion kebanggaan Indonesia itu tak boleh digunakan, bahkan oleh Tim Nasional Indonesia di Piala AFF, karena akan dipersiapkan menjelang Piala Dunia U-20.


Topik Menarik