Kantongi 182 Medali Emas, Pontianak Juara Umum Porprov Kalbar

Kantongi 182 Medali Emas, Pontianak Juara Umum Porprov Kalbar

Olahraga | BuddyKu | Senin, 28 November 2022 - 00:07
share

GenPI.co Kalbar - Kontingen Kota Pontianak berhasil mempertahan Juara Umum Porprov Kalbar XIII dengan mendulang 182 medali emas.

Perhelatan olahraga tingkat Provinsi Kalbar ini mempertandingkan 48 cabang olahraga (cabor) yang diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalbar.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengucap syukur dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, dan ofisial yang tergabung dalam Kontingen Kota Pontianak.

Hal tersebut dia sampaikan seusai menghadiri penutupan Porprov XIII Kalbar di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Sabtu (26/11).

"Hasil yang gemilang ini tidak terlepas dari kerja keras dan kerja bersama para atlet, pelatih, dan ofisial sehingga Kontingen Pontianak berhasil menjadi juara umum pada Porprov tahun ini," tuturnya.

Menurut Edi, sebelum berlaga pada Porprov Kalbar, para atlet telah ditempa dan dilatih dengan ketat untuk menghadapi pertandingan yang diikuti pada tiap-tiap cabor.

Seluruh atlet pada semua cabor telah dilatih dan dibina untuk mematangkan persiapan.

"Tekun dan disiplin dalam berlatih menjadi kunci keberhasilan para atlet sehingga banyak dari mereka yang mampu merebut medali emas," ujarnya.

Rasa optimistis juga ditanamkannya pada seluruh atlet yang tergabung dalam Kontingen Kota Pontianak.

Tak hanya menyandang juara umum, pesta olahraga di Kalbar ini juga bertujuan memacu semangat para atlet maupun penggiat olahraga untuk berlomba-lomba meningkatkan prestasinya di seluruh cabor.

"Semakin sering atlet mengikuti kompetisi atau pertandingan, semakin terlatih dan teruji kemampuannya," ucap Edi.

Sementara itu, Gubernur Kalbar Sutarmidji menuturkan, keberhasilan dan prestasi para atlet tidak terlepas dari kinerja para pelatih yang selalu mendampingi mereka, sehingga mampu menjadi yang terbaik.

Betapa tidak, pendampingan para atlet oleh pelatih sangat penting dalam proses pembibitan, pelatihan, dan pembinaan untuk mengetahui progres dan perkembangan atlet yang dilatihnya.

"Pesan saya kepada seluruh kabupaten/kota agar memperhatikan perkembangan olahraga dan atlet yang ada di daerahnya masing-masing, terangnya.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah buat sport science sehingga pertumbuhan atlet dapat terpantau dan terukur," imbuh Sutarmidji.

Sebagai informasi, hasil akhir perolehan medali Porprov XIII Kalbar, didominasi Kota Pontianak dengan perolehan medali emas berjumlah 182 emas.

Kemudian disusul Kabupaten Landak 74 emas dan Kabupaten Mempawah 54 emas. (rls)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Topik Menarik