Lolos BWF World Tour Finals 2022, Gregoria Mariska Tunjung Ukir Sejarah untuk Tunggal Putri Indonesia

Lolos BWF World Tour Finals 2022, Gregoria Mariska Tunjung Ukir Sejarah untuk Tunggal Putri Indonesia

Olahraga | skor.id | Sabtu, 26 November 2022 - 14:00
share

SKOR.id - Gregoria Mariska Tunjung dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2022 setelah PBSI menerima undangan resmi dari federasi bulu tangkis dunia.

Dengan demikian, Gregoria Mariska Tunjung berhak bersaing dengan tujuh tunggal putri terbaik lainnya dalam ajang yang bakal bergulirdi Bangkok, Thailand pada 7-11 Desember 2022 nanti.

Kelolosan Gregoria Mariska Tunjung ke BWF World Tour Finals 2022pun menghadirkan pencapaian tersendiriuntuk bulu tangkis Indonesia.

Pasalnya,dara 23 tahun itu tercatat sebagai tunggal putri pertama yang mengikuti turnamen penutup musim atau finals yang dihelat oleh BWF sejak 2008.

Sejak masih bernama Super Series Masters Finals pada 2008, lalu Super Series Finals pada 2010, dan jadi World Tour Finals mulai 2018, tak ada satu pun tunggal putri Indonesia yang lolos.

"Kebuntuan" initampaknya terjadi seiring dengan penurunan performa tunggal putri Merah Putih yang mulai berlangsung kurang lebih pada era yang sama.

Pasalnya, jika ditarik lebih jauh ke belakang, Indonesia masih punya tunggal putri yang jadi andalan hingga periode 1990an.

Bahkan saat World Badminton Grand Prix Finals digelar pada 1983-2000 oleh IBF, Indonesia jadi negara tersukses kedua di nomor tunggal putri dengan enam gelar.

Enam gelartersebut semuanya dipersembahkan oleh sosok Susy Susantipada edisi 1990, 1991, 1992, 1993, 1994, dan 1996.

Torehan tunggal putri Indonesia dalam World Badminton Grand Prix Finals hanya kalah dari Cina yang dominan dengan 12 gelar.

Setelah era Susy Susanti berakhir, diikutikepindahan status warga negara Mia Audina yang sebenarnya diplot jadi penerus, performa tunggal putri Indonesia mulai menurun.

Penurunan performa itu bisa dilihat dari sulitnya tunggal putri Indonesia menembus peringkat 10 besar dunia, meraih medali di Olimpiade, hingga ikut Finals dalam dua dekade terakhir.

Tunggal putriterakhir Indonesia yang lolos turnamen dengan format finals adalahCindana Hartono Kusuma dan Lidya Djaelawidjaya pada World Badminton Grand Prix Finals 1999.

Dari ajang Olimpiade, Maria Kristin Yulianti yang meraih perunggu pada Beijing 2008 jadi tunggal putri Indonesia terakhir yang mampu meraih medali.

Sedangkan untuk peringkat 10 besar dunia, Indonesia rasanya sudah sangat lama takmenempatkan tunggal putrinya di jajaran elite dunia

Keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung lolos BWF World Tour Finals 2022 pun diharapkan bisa jadi momentum kebangkitan tunggal putri Indonesia di masa yang akan datang.

Lolos World Tour Finals 2022, Jonatan Christie Berharap Tempati Posisi Unggulan

&
Topik Menarik