Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Tumbangkan UEA, Indonesia Amankan Puncak Klasemen Grup B

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Tumbangkan UEA, Indonesia Amankan Puncak Klasemen Grup B

Olahraga | skor.id | Rabu, 5 Oktober 2022 - 21:53
share

SKOR.id Timnas U-17 Indonesia sukses mengambil alih puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 seusai menumbangkan perlawanan Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB, itu timnas U-17 Indonesia sukses menang dengan skor tipis 3-2 atas Uni Emirat Arab.

Dua dari tiga gol yang dicetak Indonesia pada pertandingan ini dicatatkan atas nama Arkhan Kaka (30 dan 55), sedangkan satu gol lainnya dicetak Nabil Asyura (17).

Sementara itu, dua gol balasan dari Uni Emirat Arab diciptakan oleh Waleed Mallalla (32) dan Ghani Abdalla (40).

Dengan hasil ini, timnas U-17 Indonesia sukses menggeser Uni Emirat Arab dari puncak klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Kedua tim sebetulnya sama-sama mengumpulkan enam poin, tapi anak asuh Bima Sakti masih unggul head to head dan selisih gol.

Jalannya Pertandingan

Selama lima menit awal sejak sepak mula, timnas U-17 Indonesia menghadapi tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan oleh para pemain Uni Emirat Arab. Namun, barisan pertahanan masih cukup tenang untuk menghalau gempuran lawan.

Sementara itu, upaya serangan timnas U-17 Indonesia masih belum terbangun dengan organisasi yang baik. Ritme serta temponya tampak terburu-buru.

Namun, pada peluang emas pertama yang tercipta, Indonesia tak membuangnya secara percuma. Umpan silang Habil Abdillah disambut dengan tendangan voli oleh Nabil Asyura yang berdiri tanpa pengawalan.

Sepakan keras Nabil sukses mengoyak jala gawang Uni Emirat Arab. Gol yang memecah kebuntuan ini sekaligus membawa timnas U-17 Indonesia unggul 1-0 atas tim lawan.

Pada menit ke-30, upaya serangan yang digalang oleh anak asuh Bima Sakti kembali mengejutkan barisan pertahanan Uni Emirat Arab.

Umpan terobosan Kafiatur Rizky sukses membelah pertahanan lawan hingga menuju Arkhan Kaka yang lolos di area kotak penalti. Kaka pun tak kesulitan untuk menyontek bola tersebut ke gawang lawan.

Dua menit berselang, atau tepatnya pada menit ke-32, pemain Uni Emirat Arab U-17, Waleed Mallalla, sukses memangkas defisit gol via serangan balik cepat.

Lima menit jelang turun minum, barisan pertahanan Indonesia tampak kehilangan fokus. Situasi ini dimanfaatkan Ghaith Abdalla untuk mencetak gol dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Memasuki babak kedua, timnas U-17 Indonesia berupaya memperbaiki tempo permainannya. Mereka mencoba lebih sabar untuk memperagakan operan-operan pendek dari kaki ke kaki.

Memasuki menit ke-55, Arkhan Kaka sukses melesakkan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Bola yang meluncur deras tak mampu dihalau kiper UEA. Gol ini membuat Indonesia unggul 3-2.

Setelah tertinggal, Uni Emirat Arab mencoba mengambil kendali permainan. Sebetulnya ada beberapa peluang yang sukses diciptakan oleh anak asuh Alberto Gonzales. Namun, belum ada satu pun yang sukses dikonversi menjadi gol.

Timnas U-17 Indonesia sempat mengambil alih kendali permainan seusai melewati pertengahan babak kedua. Sebetulnya, Arkhan Kaka dan kawan-kawan bukan tanpa peluang.

Namun faktor penyelesaian akhirnya masih belum maksimal. Setiap peluang yang didapat belum bisa dimaksimalkan menjadi gol untuk memperlebar jarak.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua kubu. Timnas U-17 Indonesia sukses mempertahankan keunggulan 3-2 atas Uni Emirat Arab.

Daftar Susunan Pemain

Timnas U-17 Indonesia : Andrika Fathir Rahman, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah; Figo Dennis, Kafiatur Rizky, Riski Afrisal, Achmad Zidan; Arkhan Kaka, Nabil Asyura;

Pelatih: Bima Sakti

Timnas U-17 Uni Emirat Arab : Hamdan Mohamed Alhammadi; Ahmed Mohamed Katta, Rashid Saif Alshamsi, Hussain Mahmood Lengawi; Abdalla Ahmed, Ali Jaber, Abdulaziz Almarzooqi; Ghaith Abdalla, Mohammed Almansoori, Waleed Mallalla;

Pelatih: Alberto Gonzales

Striker Timnas U-17 Indonesia Rajai Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Dua Mesin Gol Uni Emirat Arab U-17 yang Wajib Diantisipasi Timnas U-17 Indonesia

&
Topik Menarik