Ingin Ikuti Jejak Pasukan STY, Timnas U-17 Berambisi ke Piala Asia

Ingin Ikuti Jejak Pasukan STY, Timnas U-17 Berambisi ke Piala Asia

Olahraga | jawapos | Sabtu, 1 Oktober 2022 - 13:10
share

JawaPos.com- Dua kategori tim nasional Indonesia berhasil lolos ke putaran final Piala Asia. Timnas senior lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Lalu, timnas U-20 melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan. Kedua tim itu dilatih Shin Tae-yong.

Kini, masih ada satu kategori timnas yang sedang berjuang untuk lolos ke putaran final Piala Asia. Yaitu, timnas U-17.

Namun, mewujudkan target lolos ke putaran final Piala Asia U-17 tidak mudah. Sebab, Indonesia akan bertemu lawan-lawan kuat di fase penyisihan grup B yang akan dimulai hari ini (1/10).

Pada pertandingan pertama, Indonesia akan bertemu Guam (3/10). Lalu, Indonesia akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab (5/10), Palestina (7/10), dan terakhir Malaysia (9/10).

Pelatih timnas U-17 Bima Sakti Tukiman menilai, ada keuntungan timnya baru bertanding Senin. Dia bisa mempelajari kekuatan keempat tim di grup B.

Hari ini, Palestina bertanding melawan Malaysia pukul 16.00. Lalu, pada pukul 20.00, Uni Emirat Arab akan berhadapan dengan Guam. Dua pertandingan itu digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Semua lawan di grup B bagus. Tapi, kami diuntungkan oleh jadwal. Nanti kami kirim staf pelatih untuk melihat pertandingan pertama dan kedua, ungkap mantan pemain Persiba Balikpapan itu kemarin.

Menurut Bima, kualifikasi Piala Asia U-17 lebih sulit daripada saat timnas Indonesia menjuarai AFF Cup U-17. Pertama, jadwal pertandingan sangat padat. Antar pertandingan hanya memiliki jeda sehari. Saat AFF Cup, jedanya dua hari, jelas Bima.

Kedua, setiap tim hanya bisa mendaftarkan 23 pemain. Padahal, di AFF Cup U-17, setiap tim boleh mendaftarkan 28 pemain.

Bima siap menghadapi tantangan berat itu. Dia pun mengaku tidak terbebani dengan kesuksesan timnas senior dan timnas U-20 yang sudah melenggang ke Piala Asia tahun depan.

Justru ini menjadi motivasi bagi kami. Saat FIFA Matchday kemarin, saya mengajak para pemain menonton pertandingan timnas senior. Saya ingin para pemain melihat bagaimana atmosfer lapangan, kata Bima.

Kebetulan, kami akan bermain di Pakansari. Mereka sangat antusias. Saya pikir ini modal bagus untuk mengarungi kualifikasi Piala Asia, imbuhnya.

Kapten timnas U-17 Iqbal Gwijangge sependapat dengan sang pelatih. Kesuksesan timnas senior dan timnas U-20 memotivasi timnas U-17 untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia.

Kami semakin termotivasi karena berhasil menjuarai Piala AFF. Jadi, kami tidak akan menurunkan semangat, tegas Iqbal.

Topik Menarik