Rapor Pemain J.League di Timnas Jepang pada FIFA Matchday Lalu

Rapor Pemain J.League di Timnas Jepang pada FIFA Matchday Lalu

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 1 Oktober 2022 - 06:38
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pemain dari Meiji Yasuda J1 League ikut serta dalam dua laga timnas Jepang pada bulan September 2022.Pada FIFA Matchday September 2022, timnas Jepang melakoni dua laga bertajuk 2022 Kirin Challenge Cup yang semuanya digelar di Merkur Spiel-Arena, Dusseldorf, Jerman. Ini menjadi laga persahabatan sebagai persiapan mejelang gelaran Piala Dunia 2022 akhir tahun ini.

Timnas Jepang berhasil menang 2-0 melawan Amerika Serikat pada 23 September, kemudian ditahan imbang 0-0 oleh Ekuador empat hari berselang. Dua laga ini digelar di Jerman karena memang sebagian besar anggota timnas Jepang asuhan Hajime Moriyasu bermain di liga-liga top Eropa.

Meski begitu, dari 30 nama yang dipanggil oleh Moriyasu, ada delapan pemain yang berasal dari tim lokal Jepang alias tim-tim Meiji Yasuda J1 League.Di pos penjaga gawang, ada Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) dan Kosei Tani (Shonan Bellmare).

Di lini belakang, ada empat pemain yang dipanggil. Mereka, yakni Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo), Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), dan Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale). Sementara di lini tengah ada Yuki Soma (Nagoya Grampus), dan dilengkapi Shuto Machino (Shonan Bellmare).

Pada laga lawan Amerika Serikat, Jepang menang 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Daichi Kamada pada menit ke-24 dan gol Kaoru Mitoma dua menit sebelum bubaran.

Dalam susunan pemain yang diturunkan, pelatih Hajime Moriyasu memainkan dua pemain yang bermain di Meiji Yasuda J1 League 2022 sebagai starter dan satu pemain lainnya masuk sebagai pengganti.

Kiper Shimizu S-Pulse, Shuichi Gonda, diturunkan sejak menit awal untuk mengawal gawang Tim Samurai Biru. Namun, dia ditarik keluar saat turun minum karena cedera, digantikan Daniel Schmidt.

Selain itu ada Hiroki Sakai yang mengawal sisi kanan pertahanan Jepang. Pemain Urawa Red Diamonds ini juga tampil satu babak sebelum digantikan Hiroki Ito.

Terakhir ada Shuto Machino. Pemain Shonan Bellmare ini baru masuk pada awal babak kedua menggantikan striker Celtic, Daizen Maeda.

Melawan Ekuador, ada empat pemain J.League yang diturunkan oleh pelatih Hajime Moriyasu. Tiga pemain tampil sebagai starter: Miki Yamane dan Shogo Taniguchi yang sama-sama membela Kawasaki Frontale, serta Yuto Nagatomo, bek andalan F.C.Tokyo.

Miki Yamane dan Shogo Taniguchi bermain penuh selama 90 menit, tapi tidak dengan Yuto Nagatomo yang ditarik keluar enam menit jelang bubaran digantikan Maya Yoshida.

Selain tiga pemain yang turun sebagai starter, terdapat satu pemain lain J1 League yang tampil di babak kedua. Dia adalah pemain tengah Nagoya Grampus, Yuki Soma. Pemain 25 tahun ini masuk pada babak kedua untuk menggantikan Kaoru Mitoma pada menit ke-67.

Rapor pemain J.League di timnas Jepang untuk FIFA Matchday lalu:

Kiper

Shuichi Gonda (Shimizu S-Pulse) - bermain 45 menit melawan Amerika Serikat, tak bisa turun lawan Ekuador karena cedera

Kosei Tani (Shonan Bellmare) - tak bermain

Bek

Yuto Nagatomo (F.C.Tokyo) - Bermain 83 menit melawan Ekuador

Hiroki Sakai (Urawa Red Diamonds) - Bermain 45 menit melawan AS

Miki Yamane (Kawasaki Frontale) - Bermain 90 menit melawan Ekuador

Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale) - Bermain 90 menit melawan Ekuador

Tengah

Yuki Soma (Nagoya Grampus) - Bermain 23 menit melawan Ekuador

Depan

Shuto Machino (Shonan Bellmare) - Bermain 45 menit melawan Amerika Serikat

Topik Menarik