Ini Momen Terbaik Rahmad Darmawan Selama Menjadi Pelatih

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 02 Agustus 2020 - 18:20
Ini Momen Terbaik Rahmad Darmawan Selama Menjadi Pelatih
- Sudah merasakan asam garam di dunia kepelatihan, Rahmad Darmawan buka suara terkait momen terbaiknya selama ini saat menjadi juru taktik.

Pelatih yang akrab disapa RD itu mengawali kepelatihannya pada tahun 1998, ketika itu dirinya menjadi asisten pelatih di Persikota Tangerang.

Karier RD sebagai pelatih semakin terlihat ketika menjadi asisten pelatih Ivan Kolev di timnas Indonesia pada 2002.

Usai terpilih menjadi asisten pelatih timnas Indonesia, pada musim 2005 RD diminati oleh Persipura Jayapura. Mulai dari sinilah kepelatihan RD berkembang pesat.

"Bagi saya memang semua cerita ketika berkarier sebagai pelatih semua berkesan. Tetapi jika ditanya yang paling berkesan, ketika saya berhasil juara bersama Persipura Jayapura pada musim 2005," ujar RD.

Menurut lelaki yang kini melatih Madura United itu, menjadi juara bersama Persipura di musim 2005 adalah hal yang tidak terduga.

"Karena bersama tim ini (Persipura) saya memulai dari sesuatu yang tidak mudah. Dengan tim yang sederhana dan keterbatasannya. Kemudian target tim ketika itu tidak juara, melainkan bertahan saja di Liga Indonesia atau minimal berada di papan tengah," kata RD.

"Memang ketika itu (2005) tidak diduga kami banyak mengubah prediksi pengamat. Saat itu Persija belanja pemain sangat luar biasa, ada juga Arema, dan PSMS juga sebagai tim kuat pada saat itu," RD menambahkan.

Selama berkarier di dunia kepelatihan, RD pun mempunyai idola pelatih yang menjadi inspirasinya.

"Jika berbicara pelatih asing, yang sangat menginspirasi saya adalah Jose Mourinho," katanya.

"Mourinho bisa dibilang pelatih terbaik. Berawal dari Porto, semua tidak mengenal dia. Hingga berhasil membawa Porto juara Liga Champions, buat saya dia pelatih yang luar biasa," ucap RD.

Tak hanya pelatih internasional, RD juga sangat banyak mengagumi pelatih Indonesia sebagai referensinya meracik tim.

"Cukup banyak pelatih Indonesia yang menginspirasi saya seperti Sartono Anwar, Sutan Harhara, hingga Benny Dollo," ujar lelaki asal Lampung itu.

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Rahmad Darmawan Lainnya:

Ambisi Mulia Rahmad Darmawan yang Ingin Diwujudkan saat Pensiun

Rahmad Darmawan Janjikan Menit Bermain kepada Pemain Muda Madura United

Rahmad Darmawan Siap Terapkan Regulasi Pemain Muda di Liga 1 2020

Artikel Asli