5 Cara Mengendarai Sepeda untuk Memperkuat Lutut

5 Cara Mengendarai Sepeda untuk Memperkuat Lutut

Olahraga | skor.id | Sabtu, 17 September 2022 - 18:10
share

SKOR.id - Ada sejumlah langkah cara mengendarai sepeda untuk memperkuat lutut, anggota badan di kaki yang rentan cedera ini.

Cara itu termasuk untuk keseluruhan lutut mulai ujung bawah tulang paha, ujung atas tibia, tempurung lutut dan beberapa ligamen besar.

Semua itu dilakukan untuk membantu menstabilkan sendi dan menyerap goncangan. Bersepeda efektif untuk merehabilitasi dan menguatkan lutut karena low impact.

Bersepeda juga non-weight bearing dan mengayuh adalah gerakan terkontrol dalam posisi stabil.

Berlatih terapi aman di sepeda untuk memperkuat dan merehabilitasi lutut yang cedera.

Berikut ini lima cara bersepeda untuk kuatkan lutut yang dikutip Skor.id dari Livestrong.com :

Langkah 1

Mulailah dengan sepeda stasioner di gym, bangun kekuatan terlebih dahulu pada sepeda telentang. Ini termasuk sepeda dengan penyangga punggung dan pedal di depan Anda.

Lalu, maju ke posisi tegak saat lutut menjadi lebih kuat. Jauh lebih sedikit beban yang diletakkan di lutut saat menggunakan sepeda telentang daripada yang tegak.

Setelah dapat dengan mudah naik telentang tanpa rasa sakit, maka bisa maju ke posisi tegak.

Langkah 2

Posisikan pelana Anda pada ketinggian yang tepat. Pelana yang terlalu tinggi atau rendah dapat memberi tekanan pada lutut Anda.

Itu juga memperburuk cedera. Lutut Anda harus ditekuk pada sudut lima hingga 10 derajat di bagian bawah gaya turun.

Sebuah tikungan lebih besar dari itu berarti bahwa kursi terlalu rendah dan kaki lurus merupakan indikasi bahwa kursi terlalu tinggi.

Langkah 3

Pertahankan level resistensi pada lampu sepeda telentang dan stasioner. Resistensi yang terlalu tinggi terlalu cepat dapat menyebabkan cedera pada lutut yang lemah.

Atur level resistensi sehingga merasakan daya tarik. Tetapi kegiatan ini dapat diselesaikan dalam sesi bersepeda selama 30 menit.

Tingkatkan resistensi dengan jumlah kecil setiap minggu atau setiap latihan atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Langkah 4

Berkendara di rute datar saat beralih ke bersepeda di luar ruangan. rute tanjakan dapat memberi tekanan pada lutut dan mencoba mendakinya terlalu cepat dapat membuat Anda kembali ke dalam ruangan dengan sepeda stasioner.

Mencoba tanjakan tak tinggi pada awalnya ketika siap untuk ke sesi lanjutan dan secara bertahap meningkatkan gradien.

Langkah 5

Pilih gigi rendah saat berkendara di luar. Mirip dengan level resistensi, pilih gigi yang tidak akan terlalu banyak berpengaruh untuk lutut dan tak menyebabkan masalah.

6 Tips Penting Memilih Helm untuk Aktivitas Bersepeda

5 Manfaat Bersepeda Setiap Hari, Salah Satunya Panjang Umur

&
Topik Menarik