Mundur dari US Open 2020, Nick Kyrgios Beri Wejangan ke Petenis Dunia

Olahraga | skor.id | Published at Minggu, 02 Agustus 2020 - 12:00
Mundur dari US Open 2020, Nick Kyrgios Beri Wejangan ke Petenis Dunia
 Prediksi soal mundurnya petenis ternama dari US Open 2020 oleh Andy Murray, perlahan terwujud. Kali ini, giliran Nick Kyrgios. 

Pengumuman mundur Nick Kyrgios dari US Open 2020 disampaikan melalui sebuah video berdurasi satu menit 40 detik.

Petenis asal Australia tersebut mengikuti jejak kompatriotnya, Ashleigh Barty, yang mundur dari US Open 2020 karena ingin alasan keselamatan.

Petenis kontroversial ini membuka video pernyataannya dengan menekankan bahwa pandemi Covid-19 sangat membahayakan nyawa.

"Tenis tercinta, mari sejenak menghela napas sejenak dan menimbang hal yang lebih penting, yakni kesehatan dan keselamatan komunitas," ujar Nick Kyrgios.

"Ekonomi dan olahraga masih bisa dibangun kembali tapi nyawa yang hilang tak pernah bisa. Jadi, tetap berperilaku dengan baik dan menjaga keselamatan."

Nick Kyrgios mengaku tidak akan mempermasalahkan siapa pun yang nantinya memilih tampil di Arthur Ashes Stadium, New York, akhir bulan ini.

Pun demikian dengan USTA selaku penyelenggara US Open yang memilih tetap menyelenggarakan ajang ini di tengah pandemi Covid-19.

"Saya tidak akan bertanding di US Open, tahun ini. Rasanya tentu sedih karena tidak bisa bertanding di ajang terbesar di Arthur Ashes Stadium (venue US Open)."

"Namun, saya (memilih) mundur demi warga Australia dan ratusan, bahkan ribuan penduduk Amerika yang sudah menjadi korban (Covid-19)," katanya. 

 

Petenis 25 tahun itu pun berharap US Open 2020 bisa mengembalikan denyut perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.

"Tak ada orang yang ingin kehilangan pekerjaan. Saya bicara tentang pekerja restoran, pembersih ruangan, hingga penjaga ruang ganti," kata Nick Kyrgios.

Ia pun mengimbau kepada petenis yang akan tampil dalam US Open 2020 maupun tur lainnya agar tak mementingkan dirinya sendiri. 

Pun demikian dengan penyelenggara turnamen tenis ekshibisi agar melulu berpikir soal keuntungan di tengah pandemi virus corona.

"Anda jangan berdansa di atas meja dengan uang yang diraih selama tur di Eropa, serta mencoba meraih untung dari penyelenggaraan turnamen ekshibisi."

Meskipun tak menyebut detail turnamen ekshibisi yang dimaksud, namun publik berpikir soal Adria Tour 2020 yang sempat menghebohkan.

Adria Tour 2020 yang digagas oleh Novak Djokovic dihadiri oleh banyak penonton dan tak sepenuhnya menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak. 

 

Ikuti juga InstagramFacebookYouTube, dan Twitter dari Skor Indonesia.

Berita Tenis Lainnya:

Andy Murray Prediksi US Open 2020 Minim Petenis Top Dunia

Pelatih Serena Williams Khawatir US Open 2020 Berubah Jadi Liga Tenis Nasional AS

Artikel Asli