Kemenkumham Dukung Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Kemenkumham Dukung Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Olahraga | BuddyKu | Senin, 29 Agustus 2022 - 22:52
share

JAKARTA Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mendukung naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat. Kedua pemain itu dibutuhkan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RIdan PSSI membahas proses naturalisasi pemain keturunan hari ini. Rapat tersebut turut dihadiri oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Edward Omar Sharif Hiariej.

Rapat tersebut digelar di Ruang Rapat Komisi III DPR-RI, Gedung Nusantara II, Senin (29/8/2022) pukul 14.00 WIB. Pertemuan itu turut dihadiri oleh sejumlah stakeholder sepak bola nasional.

Sandy Walsh dan Jordi Amat hadiri rapat bersama DPR

Agenda tersebut membicarakan mengenai permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI kepada pemain asal Spanyol, Jordi Amat, dan pemain asal Belanda, Sandy Walsh.

Usulan pemberian kewarganegaraan tersebut diajukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Presiden melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kemenkumham telah melakukan pemeriksaan dan penelitian terhadap kelengkapan persyaratan secara administratif dan substantif. Hasilnya, tidak terdapat hal-hal yang memberatkan untuk dapat dikabulkannya permohonan kewarganegaraan.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia lantas meneruskan permohonan pemberian kewarganegaraan RI kepada Presiden. Pada rapat yang digelar hari ini, Wamenkumham menegaskan proses naturalisasi merupakan salah satu kebijakan Pemerintah di bidang kewarganegaraan.

Pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme ini dimungkinkan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia atas dasar kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, ujar Wamenkumham yang akrab disapa Prof. Eddy, Senin (29/8/2022).

"Pada dasarnya, Kemenkumham akan selalu mendukung setiap proses naturalisasi atlet yang diajukan oleh lembaga pengusul sepanjang seluruh persyaratan formil dapat dipenuhi oleh pemohon," sambungnya kemudian.

Proses naturalisasi Jordi dan Sandy pun semakin menemukan titik terang. Publik Tanah Air lantas berharap kedua pemain keturunan itu bisa mendapatkan status WNI secepatnya. Dengan begitu, mereka dapat diturunkan di laga FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Curacao September mendatang.

Topik Menarik