Cetak Sejarah Usai Taklukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik Jadi Pebulu Tangkis Pertama Malaysia yang Juarai BWF World Cham..

Cetak Sejarah Usai Taklukkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Aaron Chia/Soh Wooi Yik Jadi Pebulu Tangkis Pertama Malaysia yang Juarai BWF World Cham..

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 28 Agustus 2022 - 16:31
share

TOKYO Ganda putra Malaysia, Aaron Chia /Soh Wooi Yik, mengukir sejarah usai mengalahkan wakil Malaysia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di final BWF World Championship 2022 . Aaron/Soh menjadi pebulu tangkis pertama Malaysia yang sukses menjuarai BWF World Championship.

Pasangan ranking 6 dunia itu memastikan diri sebagai juara setelah menyudahi perlawanan wakil Indonesia, Ahsan/Hendra, di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (28/8/2022). Aaron/Soh menang dalam dua game langsung dengan skor 21-14 dan 21-19.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Kemenangan itu sekaligus merupakan kemenangan bersejarah bagi Malaysia. Bagaimana tidak, Aaron/Soh menjadi pemain pertama asal Negeri Jiran yang berhasil keluar sebagai juara, selama keikutsertaan Malaysia di ajang BWF World Championship.

Keluarnya Aaron/Soh sebagai juara bisa menjadi suatu sinyal kalau bulu tangkis Malaysia telah berkembang pesat. Pasalnya, selama keikutsertaan Malaysia di ajang tersebut, para pemain mereka di semua sektor hanya mampu keluar sebagai runner-up.

Seperti di sektor tunggal putra, Lee Chong Wei yang merupakan pemain andalan Malaysia kala itu, namun dia sama sekali tidak pernah berhasil menyabet gelar juara. Dia selalu harus puas meraih status runner-up karena kalah saing dengan pemain China, seperti Lin Dan dan Chen Long.

Kemudian di sektor ganda putra, wakil Malaysia juga selalu kalah saing dengan wakil Indonesia dan China. Contohnya pada edisi 2010 yang berlangsung di Paris, kala itu, wakil mereka, yakni Koo Kien Keat/Tan Boon Heong, hanya mampu menjadi runner-up setelah kalah dari Cai Yun/Fu Haifeng (China).

Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Kemudian pada edisi 2021, wakil Malaysia, yaitu Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, hanya mampu meraih perunggu. Namun pada edisi kali ini, secara mengejutkan wakil dari Negeri Jiran sukses menciptakan sejarah.

Namun di balik kesuksesan Aaron/Soh, ada tangan dingin dari legenda bulu tangkis Indonesia, yaitu Rexy Mainaky. Rexy merupakan pelatih dari Aaron/Soh. Jelas, dia memiliki andil besar atas pencapaian sejarah bulu tangkis Malaysia di BWF World Championship 2022.

Topik Menarik