Joan Mir Dipastikan Absen pada MotoGP San Marino 2022

Joan Mir Dipastikan Absen pada MotoGP San Marino 2022

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 24 Agustus 2022 - 03:20
share

MALLORCA - Joan Mir dipastikan absen pada MotoGP San Marino 2022. Pembalap tim Suzuki Ecstar itu mengalami kerusakan ligamen pada engkel kakinya gara-gara kecelakaan pada MotoGP Austria 2022 akhir pekan silam.

Nasib Mir sungguh nahas pada seri ke-13 MotoGP 2022 tersebut. Memulai lomba di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Minggu (21/8/2022) malam WIB, pembalap asal Spanyol itu hanya menyelesaikan satu putaran saja.

Mir mengalami insiden kecelakaan pada putaran pertama di tikungan keempat. Juara dunia MotoGP 2020 itu terlempar dari motornya dan tersungkur di gravel Sirkuit Red Bull Ring.

Setelah pemeriksaan awal, Mir diketahui mengalami retak pada engkel kakinya. Dia lalu menjalani pemeriksaan lanjutan bersama Dr. Juan Garcias di Hospital Juaneda Miramar, Mallorca, Spanyol.

Joan Mir (Suzuki Ecstar) melaju di Sirkuit Red Bull Ring pada MotoGP Austria 2022 (Foto: Suzuki Racing)
Joan Mir (Suzuki Ecstar) melaju di Sirkuit Red Bull Ring pada MotoGP Austria 2022 (Foto: Suzuki Racing)

Berdasarkan pemeriksaan MRI dan CT Scan, tulang di kakinya tidak mengalami cedera lebih parah. Namun, kondisi ligamennya mengalami kerusakan dan harus menepi.

Dokter menyarankan Mir untuk beristirahat total selama 15 hari. Itu artinya, dia terpaksa melewatkan balapan MotoGP San Marino 2022 yang akan berlangsung 2-4 September mendatang.

"Pasien mengalami cedera di ligamen, serta kerusakan kecil di tulang. Sendi tibiofibular stabil, tetapi terdapat pembengkakan," kata Garcias di laman resmi Ruzuki, Rabu (24/8/2022).

Mir rencananya akan kembali menjalani pemeriksaan dalam waktu 15 hari. Jika sudah pulih, maka dia dapat kembali balapan. Seri setelah San Marino adalah MotoGP Aragon 2022 yang berlangsung 16-18 September.

Topik Menarik