Prediksi PSM Makassar Vs Arema FC di Liga 1 2022-2023: Ujian Juku Eja

Prediksi PSM Makassar Vs Arema FC di Liga 1 2022-2023: Ujian Juku Eja

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 19 Agustus 2022 - 05:16
share

MAKASSAR - Berikut prediksi PSM Makassar vs Arema FC dalam lanjutan Liga 1 2022-2023. Duel PSM Makassar vs Arema FC akan berlangsung di Stadion B. J. Habibie pada Sabtu (20/8/2022).

Duel lawan Arema FC bakal jadi ujian bagi tim Juku Eja sebelum pentas di AFC Cup 2022. PSM Makassar yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri bertekad untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan dari empat laga yang dijalani.

Apalagi PSM Makassar tengah dalam tren positif usai mencuri poin penuh di kandang tim promosi RANS Nusantara FC di pekan keempat. Di sisi lain Arema FC yang juga berhasil mencuri kemenangan dramatis atas Bali United di kandang lawan juga bertekad memperpanjang rekor kemenangannya.

Arema FC menang 2-1 atas Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (Foto: Twitter/@Liga1Match)
Arema FC menang 2-1 atas Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar (Foto: Twitter/@Liga1Match)

Melawan tuan rumah PSM Makassar bukanlah hal yang mudah, meski secara rataan umur pemain-pemain PSM jauh lebih muda dengan rataan umur 24,8 tahun. Di sisi lain, Arema FC memiliki sederet pemain berkualitas yang malang melintang di kancah persepakbolaan Indonesia.

Tentu perbedaan kualitas individu pemain tak terlalu dipermasalahkan, apalagi PSM bermain di hadapan suporternya sendiri. Secara kualitas kolektivitas tim skuad arahan Bernardo Tavares memang cukup menjanjikan.

Memang PSM menggantungkan permainan kepada pemain-pemain asingnya seperti Wiljan Pluim, Everton, hingga Yuran Fernandes. Namun jangan lupakan sederet pemain-pemain lokal seperti Agung Mannan, Akbar Tanjung, M. Arfan, Muhammad Reza Pratama, hingga Yakob Sayuri.

Kekuatan PSM memang tergantung pada poros tiga pemain asing Everton, Pluim, dan Kenzo Nambu. Bahkan penyerang PSM Everton menjadi top skorer sementara dengan tiga gol yang dicetaknya, disusul Pluim dengan dua gol.

Catatan pertemuan PSM melawan Arema FC pun tergolong cemerlang. Tetapi secara keseluruhan diakui PSM masih kalah dalam head to head pertemuan dengan Arema FC.

Total dari 18 kali pertemuan kedua tim, Arema FC berhasil memenangi 9 pertandingan dan PSM Makassar hanya bisa menang 5 pertandingan, sedangkan 4 pertandingan lainnya hanya berakhir imbang. Namun catatan Arema FC di kandang Juku Eja hanya sekali, sedangkan tiga pertandingan dimenangkan PSM, dan satu laga lainnya berakhir imbang.

Tentu Arema FC harus mewaspadai permainan kolektif calon lawannya. Apalagi secara gol yang diciptakan PSM lebih merata di setiap menitnya. Dari tujuh gol yang diciptakan menit 15 - 30 dan 75 - 90 menit menjadi menit-menit krusial bagi PSM lantaran kerap mencetak gol.

Arema FC juga perlu mewaspadai pertahanan kokoh yang kerap dilakukan PSM. Juku Eja hingga pekan keempat baru kemasukan tiga gol, satu di antaranya terjadi saat bermain di kandang sendiri.

PSM Makassar vs Arema FC (Foto: Media Officer Arema FC)

Hal ini berbanding terbalik dengan Arema FC yang baru memasukkan empat gol, satu di antaranya merupakan gol bunuh diri lawannya. Bahkan tim kebanggaan masyarakat Malang juga telah kebobolan lima gol dari empat pertandingan yang dijalaninya, empat gol bersarang ke gawang Arema FC terjadi saat laga tandang.

Namun berkaca pada penampilan melawan PSIS dan PSS, biasanya Arema FC lebih kesulitan ketika menghadapi tim dengan karakter lebih menunggu. Padahal hal ini merupakan karakteristik PSM Makassar. Pelatih Bernardo Tavares kerap kali memanfaatkan kelengahan lawan saat melakukan serangan.

Hal ini tentu tak akan dibiarkan oleh pelatih Arema FC Eduardo Almeida yang bagus dalam melihat situasi di pertandingan. Terbukti dengan kedalaman skuad yang ada saat lawan Bali United, beberapa pergantian pemain menjadikan permainan Arema FC kian hidup.

Tetapi melawan PSM Makassar dengan jarak perjalanan dari Makassar ke tempat laga Stadion B. J. Habibie, Pare-Pare yang mencapai tiga jam tentu menguras fisik pemain. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh PSM Makassar.

Di sisi lain, Juku Eja juga perlu mewaspadai serangan - serangan balik cepat yang kerap diperagakan Arema FC usai mereka memarkir busnya. Bali United dan PSIS Semarang telah merasakan bagaimana serangan balik efektif dipadukan keberuntungan berpihak ke Arema FC.

Bila kewaspadaan, konsentrasi, dan fokus ditetapkan Wiljan Pluim cs tampaknya kemenangan meskipun tipis bisa jadi diraih. Namun ketika mereka lengah terlebih tak beruntung tentu Arema FC bisa saja memanfaatkan situasi dengan meraih satu poin bahkan tiga poin.

Prediksi susunan pemain
PSM (3-5-2)
Reza Pratama, Yance Sayuri, Agung Mannan, Yuran Fernandes, Yakob Sayuri, M. Arfan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Eka Pratama, Everton, Pluim
Pelatih : Bernardo Tavares

Arema FC (4-2-1-3)
Adilson Maringa, Rizky Dwi, Bagas Adi, Sergio Silva, Johan Alfarizi, Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi, Gian Zola, Irsyad Maulana, Dendi Santoso, Abel Camara
Pelatih : Eduardo Almeida

Head to head pertemuan kedua tim
11/6/2022 Arema 0 - 1 PSM Makassar
30/3/2022 Arema FC 1 - 0 PSM Makassar
5/9/2021 PSM Makassar 1 - 1 Arema FC
16/10/2019 PSM Makassar 6 - 2 Arema FC
2/10/2019 Arema FC 2 - 0 PSM Makassar

Pertandingan terakhir PSM
15/8/2022 RANS Nusantara FC 1 - 2 PSM Makassar
9/8/2022 PSM Makassar 2 - 1 Kedah FC
5/8/2022 PSM Makassar 1 - 1 Persija Jakarta
29/7/2022 PSM Makassar 2 - 0 Bali United
23/7/2022 PSS Sleman 1 - 2 PSM Makassar

Pertandingan terakhir Arema FC

13/8/2022 Bali United 1 - 2 Arema FC
5/8/2022 Arema FC 0 - 0 PSS Sleman
30/7/2022 Arema FC 2 - 1 PSIS Semarang
24/7/2022 Borneo FC 3 - 0 Arema FC
19/7/2022 Borneo FC 0 - 0 Arema FC

Prediksi skor : PSM Makassar 2-1 Arema FC

Topik Menarik