Aremania Protes Jadwal Kick Off Liga 1 2022-2023 Terlalu Malam, Rawan Copet dan Kecelakaan

Aremania Protes Jadwal Kick Off Liga 1 2022-2023 Terlalu Malam, Rawan Copet dan Kecelakaan

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:33
share

KELOMPOK suporter Arema , Aremania , memprotes kick off yang terlalu malam. Sebab, bagi suporter yang datang langsung ke stadion, sangat rawan mengalami kecopetan dan kecelakaan.

Jadwal kick off Liga 1 2022-2023 yang terlalu malam terus mendapat protes dari berbagai pihak. Setelah beberapa pemain mengeluhkan, kini Aremania ikut bersuara.

Aremania

Salah satu pentolan Aremania Klayatan, Achmad Ghozali, menjelaskan bahwa untuk kick off pertandingan pada pukul 20.30 WIB dinilai sangat memberatkan. Terutama untuk Aremania yang berasal dari luar Malang Raya.

Apalagi ketika kick off pukul 20.30 WIB baru selesai sekitar pukul 22.30 WIB, sementara jarak stadion menuju daerah asal cukup jauh. Suporter bisa baru sampai di rumah pada dini hari.

"Dengan waktu pulang yang lebih larut malam, maka suporter cenderung sudah dalam kondisi lelah. Hal itu berpotensi menimbulkan kerawanan lalu lintas. Seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir ada suporter meninggal dunia karena kecelakaan setelah menonton Arema bertanding," ucap Ghozali, Rabu siang (10/8/2022).

Selain rawan terjadi kecelakaan, Ghozali menambahkan bahwa juga ada kerawanan keamanan dalam perjalanan pulang.

Seperti yang dialami oleh beberapa Aremania yang mendapat aksi pencegatan oleh sejumlah oknum yang mengatasnamakan suporter rival. Mereka diintimidasi dari sejumlah oknum dan beberapa barang bawaannya juga dirampas.

"Selain itu, kick off yang terlalu malam juga membuat kamtibmas di stadion menjadi lebih tidak terkendali. Banyak copet yang memanfaatkan situasi malam hari ketika suporter sudah mulai lelah," kata dia.

Aremania

Dirinya meminta PT Liga Indonesia Baru dan pemegang hak siar bisa mendengarkan keluhan para suporter, demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Operator dan pemegang hak siar diharapkan tidak hanya mencari keuntungan melalui rating saja, tetapi lebih memperhatikan faktor lain yang bisa merugikan klub, suporter, juga tim keamanan yang berjaga.

"Lihat juga faktor lain, pemain, suporter, bahkan tim keamanan. Coba bayangkan, dengan kick off 20.30 WIB, tim keamanan sudah harus siap sejak pukul 14.00 WIB. Kemudian setelah pertandingan selesai masih harus memastikan keamanan kepulangan suporter. Baru setelah itu apel lagi untuk pembubaran yang bisa saja pada tengah malam. Pasti mereka juga lelah, terlebih keesokan harinya harus kembali berdinas lagi," terangnya.

Terlepas dari itu, Ghozali juga mengusulkan bahwa jadwal kick off bisa dikembalikan seperti sebelumnya yang lebih manusiawi. Ia menilai jadwal kick off pukul 15.30 WIB untuk pertandingan sore dan 18.30 WIB untuk pertandingan malam merupakan waktu paling ideal.

Dengan jam kick off tersebut, dirinya meyakini bahwa kompetisi bakal bisa lebih kompetitif karena pemain juga memiliki waktu istirahat yang cukup.

"Saya rasa waktu kick off itu paling ideal untuk Indonesia. Jadi untuk yang WIT dan WITA juga tidak terlalu malam," pungkasnya.

Topik Menarik