Pencairan Ranking BWF Pekan 2: Peringkat Gregoria, Bagas/Fikri dan Apriyani/Fadia Melejit

Pencairan Ranking BWF Pekan 2: Peringkat Gregoria, Bagas/Fikri dan Apriyani/Fadia Melejit

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 14:13
share

KUALA LUMPUR Saat ini adalah pekan kedua pencairan ranking yang dilakukan Federasi Bulu Tangkis Dunia ( BWF ). Peringkat tiga wakil Indonesia terlihat meningkat.

Peringkat Gregoria Mariska Tunjung, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mulai merangkak naik.

Proses pencairan ranking dunia yang sempat dibekukan selama pandemi Covid-19 telah dimulai oleh BWF. Masa transisi itu telah bergulir mulai 2 Agustus 2022 hingga 3 Januari 2023.

Setiap pekannya, sejak peringkat yang baru diterbitkan mulai 2 Agustus 2022, akan ada empat pekan poin peringkat dunia historis yang dihapus mulai dari pekan ke-12 2019.

Satu-satunya pengecualian adalah selama pekan ke-1 2023, di mana tiga pekan turnamen historis akan dihapus untuk memperbarui peringkat.

Pada Selasa (9/8/2022) pukul 12.00 WIB, BWF telah memperbarui peringkat dunia pada pekan kedua pencairan ranking. Namun, tidak ada banyak perubahan di peringkat 10 besar dunia di lima sektor yang ada.

Di sektor tunggal putra, Viktor Axelsen masih nangkring di puncak dengan 121.606 poin. Dua wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie juga masing-masing masih berada di ranking enam dan tujuh dunia.

Hal serupa terjadi di tunggal putri. Akane Yamaguchi masih bercokol di puncak dengan koleksi 111.013 poin, diikuti Tai Tzu Ying dan An Se Young.

Namun, perubahan peringkat dialami Gregoria. Bintang tunggal putri Indonesia yang akrab disapa Georgi itu naik dua tempat ke ranking 24 dunia dengan mengumpulkan 51.331 poin.

Untuk ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masih berkuasa dengan raihan 111.827 poin. Mereka dibuntuti pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dengan selisih kurang dari 5 ribu poin.

Wakil tim Merah-Putih lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga masih bertahan di ranking tiga dunia. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tetap duduk di urutan lima dunia.

Akan tetapi, pasangan muda, Bagas/Fikri berhasil naik peringkat di pekan kedua pencairan ranking dunia. Mereka naik satu tempat ke posisi 19 dunia dengan membukukan 59.478 poin.

Beralih ke ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan masih belum tergeser sebagai pasangan ranking satu dunia dengan koleksi 108.666 poin.

Mereka dibayangi oleh Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Lee So Hee/Shin Seung Chan yang duduk di posisi dua dan tiga.

Menariknya, Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih berada di ranking tujuh dunia meski Greysia sudah pensiun. Namun, bersama pasangan barunya, Siti Fadia Silva Ramdhanti, Apriyani berhasil naik peringkat.

Apriyani/Fadia naik satu peringkat ke ranking 40 dunia dengan torehan 39.640 poin. Berduet sejak April lalu, posisi mereka terus meroket usai meraih dua gelar BWF World Tour di Malaysia Open dan Singapore Open 2022.

Padahal, pada awal Juni lalu usai menjadi runner up Indonesia Masters 2022, yang merupakan debut turnamen BWF mereka, Prifad sebutan Apriyani/Fadia- masih duduk di ranking 210 dunia. Itu artinya, kini mereka sudah melesat naik 170 peringkat dari posisi tersebut.

Terakhir, di sektor ganda campuran, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong masih menjadi yang terbaik dengan mencatatkan 116.252 poin.

Mereka mengungguli Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dan Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang melengkapi peringkat tiga besar dunia.

Sementara itu, pasangan non-pelatnas Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, masih bertahan di ranking lima dunia.

Di bawah mereka terdapat pasangan muda dari Pelatnas Cipayung, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang juga belum beranjak dari posisi 18.

Pasangan muda lainnya, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandasonaik satu tempat ke peringkat 27 dengan raihan 46.320 poin. Tapi, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati belum bergerak dari ranking 44 dunia.

Sebelumnya, akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia, peringkat dunia resmi dibekukan pada 17 Maret 2020 lalu. Sebab, banyak turnamen yang gagal digelar karena merebaknya virus asal Wuhan itu.

Peringkat dunia baru dibuka lagi mulai 2 Februari 2021 lalu usai ajang BWF World Tour Finals 2020 selesai digelar di Bangkok selama Minggu ke-4 2021.

(mirz)

Topik Menarik