5 Alasan Marc Marquez Pantang Segera Pensiun dari MotoGP, Nomor 1 Berhubungan dengan Valentino Rossi

5 Alasan Marc Marquez Pantang Segera Pensiun dari MotoGP, Nomor 1 Berhubungan dengan Valentino Rossi

Olahraga | BuddyKu | Minggu, 7 Agustus 2022 - 14:12
share

5 alasan mengapa Marc Marquez pantang segera pensiun dari MotoGP akan dibahas dalam artikel ini. Pembalap yang sudah meraih enam juara dunia kelas MotoGP ini dinilai masih punya kesempatan membuat rekor-rekor lain di balap motor termasyhur di dunia itu.

Marc Marquez sebenarnya masih terikat kontrak dengan Repsol Honda sampai 2024. Akan tetapi, penampilannya setelah cedera parah patah tangan akibat kecelakaan hebat di MotoGP musim 2020 membuat performanya jauh menurun.

Bahkan, di MotoGP 2022, ia memutuskan untuk tidak lanjut membalap setelah kecelakaan di GP Mandalika, Indonesia. Marc Marquez mengaku mau fokus pada penyembuhannya tangan kanannya.

Beberapa berita beredar Marc Marquez akan pensiun setelah frustrasi karena tak kunjung sembuh. Akan tetapi, sungguh amat disayangkan jika ia sampai memutuskan pensiun. Usianya masih 29 tahun dan masih bisa berprestasi.

Lantas, apa saja alasan Marc Marquez sebaiknya tidak pensiun dini dari MotoGP? Berikut daftarnya:

5. Honda Masih Butuh Tenaganya

Marc Marquez

Repsol Honda tentu masih butuh tenaga Marc Marquez untuk pengembangan motor. Pasalnya, ketiadaan Marquez karena cedera memang membuat Honda kelimpungan dua musim terakhir.

Pol Espargaro dan Stefan Bradl belum bisa memenuhi ekspektasi tim. Maka, kehadiran Marquez dinantikan segenap tim Repsol Honda.

4. Masih Ada Kontrak dengan Honda Sampai 2024

Marc Marquez

Marc Marquez diketahui masih memiliki kontrak dengan Repsol Honda sampai 2024. Pabrikan asal Jepang itu akan setia menanti Marquez untuk sembuh dan benar-benar kembali.

Apalagi Repsol Honda sampai saat ini belum ada pembicaraan untuk memutus kontrak The Baby Alien -julukan Marquez-. Jadi, tidak ada alasan pensiun, Marc!

3. MotoGP Tidak Lagi Sama tanpa Marc Marquez

Marc Marquez

MotoGP tidak sama lagi tanpa Marc Marquez. Menurut Speedweek, ketiadaan Marquez dan Valentino Rossi di MotoGP membuat penjualan tiket menurun drastis.

Sebagai contoh data 2019 di Mugello dan Catalunya. Pada 2019, di Mugello bisa mencapai 139 ribu orang datang langsung. Sementara pada 2022, di Mugello hanya 74 ribu. Begitu juga dengan di Catalunya. Pada 2019, saat weekend bisa mencapai 158 ribu, tapi pada 2022 menyusut menjadi 115 ribu saat weekend.

2. Masih Bisa Berprestasi

Marc Marquez

Marc Marquez masih bisa berprestasi. Paling tidak sekadar naik podium ketiga, The Baby Alien sepertinya masih mampu.

Dengan kecepatan motornya dan keberanian yang ia miliki, masih sangat mungkin Marquez naik podium dan meramaikan bursa juara.

1. Hanya Beda Satu Trofi Juara Dunia dengan Valentino Rossi

Marc Marquez

Mungkin ini alasan yang benar-benar bisa membuat Marc Marquez tidak akan pensiun dari MotoGP. Sebab, ia hanya berjarak satu gelar juara dari idola sekaligus rivalnya dulu, Valentino Rossi.

Marquez sudah mengumpulkan enam gelar juara dunia di MotoGP . Kalau ditotal, ia sudah punya delapan gelar juara dunia, masing-masing satu di kelas 125cc (sekarang Moto3) dan 250cc (sekarang Moto2).

Sementara itu, Rossi sudah mengumpulkan tujuh gelar juara dunia MotoGP. Lalu, masing-masing satu gelar kelas 125cc dan kelas 250cc. Total sembilan gelar.

Topik Menarik