Kemenkes Dorong Wellness Tourism di Indonesia, Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

Kemenkes Dorong Wellness Tourism di Indonesia, Bisa Meningkatkan Kualitas Hidup

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 10:51
share

JAKARTA, celebrities.id - Melihat perkembangan wisata di tengah pandemi Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong wellness tourism atau wisata kebugaran di Indonesia, yang dinilai memiliki potensi sangat besar.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono, mengatakan wellness tourism di Indonesia memiliki potensi besar, terutama di masa pandemi. Konsep berwisata yang menyeimbangkan antara tubuh, pikiran dan jiwa ini diminati karena diyakini mampu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Di Indonesia wellness tourism sedang dikembangkan di tiga daerah yakni D.I. Yogyakarta, Solo, dan Bali. Wamenkes menyebutkan paket wisata kebugaran di tiga daerah tersebut, menjadi destinasi wellness kelas dunia.

"Paket wisata kebugaran tersebut dinikmati oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, kata Wamenkes Dante dikutip dari Sehat Negeriku, Sabtu (6/8/2022)

Tak hanya mendukung, Kemenkes juga memetakan strategi untuk membangkitkan wisata kebugaran di Indonesia, di antaranya penyiapan 44 rumah sakit telah terakreditasi internasional, SDM kesehatan yang terlatih serta penyediaan paket wisata kebugaran dielaborasikan dengan layanan kesehatan tradisional.

Selanjutnya mengembangkan layanan sistem informasi secara digital, layanan kesehatan online, robotisasi dan telemedicine guna mempersingkat waktu pelayanan. Juga berupaya memberikan pelayanan yang terjangkau dengan mutu baik dan memberikan efektifivitas biaya melalui Health Tecnology Assesment (HTA), mempermudah akses masyarakat dan wisatawan mendapatkan pelayanan kesehatan, meningkatkan pelayanan sarana dan prasarana di fasyankes, serta pemerataan distribusi farmasi dan alat kesehatan.

Berbagai rencana aksi tersebut merupakan implementasi 6 pilar transformasi sistem kesehatan di Indonesia yang dicanangkan Kementerian Kesehatan tahun 2021-2024. "Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ini diharapkan dapat mendukung wisata kebugaran di Indonesia, katanya.

"Saya harapkan melalui event ini dapat terjadi peningkatan dan pengembangan pelayanan kesehatan di Indonesia menuju pelayanan kesehatan unggulan wisata mencapai standar service excellent sehingga Indonesia memiliki daya saing kesehatan secara nasional dan internasional, kata Wamenkes.

Topik Menarik