Besok, Tontowi/Liliyana akan Lawan Ribka/Fadia di Piala Presiden 2022

Besok, Tontowi/Liliyana akan Lawan Ribka/Fadia di Piala Presiden 2022

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 4 Agustus 2022 - 15:43
share

JAKARTA - Ganda campuran legendaris Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan berduel melawan pasangan ganda putri Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva untuk memeriahkanKejuaraan Bulu Tangkis Piala Presiden 2022. Laga eksibisi ini akan digelar GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta, Jumat (5/8/2022) pukul 13.00 WIB.

Dalam unggahan resmi PBSI yang dilansir pada Kamis (4/8/2022), Owi/Butet -panggilan akrab Tontowi/Liliyana- bakalan kembali unjuk gigi di lapangan. Kali ini, pasangan legendaris Tanah Air itu ditantang Ribka/Fadia.

"Untuk memeriahkan Piala Presiden 2022, Owi/Butet dan Ribka/Fadia akan turun di laga eksebisi. Catat tanggal dan jamnya ya," tulis pernyataan PBSI , Kamis (4/8/2022).

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (FOTO: BWF Badminton).
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (FOTO: BWF Badminton).

Menariknya, semua masyarakat Indonesia dapat menyaksikan duel seru kedua pasangan tersebut secara gratis. Di mana, pertandingan itu dilakukan tanpa penjualan tiket.

"Dan bagi kalian yang mau menyaksikan secara langsung, silahkan datang ke GOR Nanggala, Cijantung. Gratis! Sampai jumpa!," lanjut pernyataannya.

Sebatas informasi, Tontowi/Liliyana salah satu pasangan ganda campuran Indonesia tersukses Tanah Air. Keduanya sempat menempati peringkat satu dunia BWF.

Prestasi yang paling gemilangnya, yaitu terjadi pada Olimpiade 2016. Kala itu, Owi/Butet menyabet medali emas. Mereka juga sukses menyabet hattrick gelar All England pada 2012-2014.

Sementara Ribka/Fadia merupakan pasangan ganda putri Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Bulu Tangkis Dunia bulan ini di Jepang. Meski Fadia telah dipasangkan oleh Apriyanai Rahayu, namun berdasarkan rangking yang diambil dari 26 April 2022, peringkat Apriayani/Fadia belum memenuhi persyaratan.

Siti Fadia Silva Ramadhanti dan RibkaSugiarto (Foto: PBSI)
Siti Fadia Silva Ramadhanti dan RibkaSugiarto (Foto: PBSI)

Alhasil, dari undangan BWF hanya ada nama Apriyani/Greysia (peringkat 6) dan Fadia/Ribka (peringkat 28) untuk mewakili Indonesia. Tapi karena Greysia sudah pensiun otomatis Apriyani tidak dapat tampil.

Praktis secara persyaratan undangan serta peringkat, Fadia/Ribka memenuhi itu semua. Oleh sebab itulah keduanya kembali diduetkan oleh PBSI.

Topik Menarik