Shin Tae-yong Mengeluh Tangani 3 Level Timnas Indonesia Sekaligus, PSSI Ambil Tindakan?

Shin Tae-yong Mengeluh Tangani 3 Level Timnas Indonesia Sekaligus, PSSI Ambil Tindakan?

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 3 Agustus 2022 - 10:19
share

PELATIH Timnas Indonesia, Shin Tae-yong , mengeluh menangani 3 level Timnas Indonesia sekaligus, yakni U-19, U-23 dan senior. Keluhan itu disampaikan Shin Tae-yong saat diwawancarai media asal Korea Selatan, Khan.

Sayangnya di Indonesia, saya memimpin tiga tim sekaligus, kata Shin Tae-yong mengutip dari Khan.

Shin Tae-yong

Tentunya pernyataan Shin Tae-yong terkesan membingungkan. Medio Juni 2022, Shin Tae-yong menyanggupi untuk menangani tiga level Timnas Indonesia sekaligus.

Sebelumnya, PSSI berencana mengurangi beban Shin Tae-yong. PSSI sadar Shin Tae-yong keberatan menangani tiga tim sekaligus, mengingat masing-masing level mempunyai target yang sangat tinggi.

Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2023, yang mana Indoesia bakal bertugas sebagai tuan rumah. Kemudian, Timnas Indonesia U-23 juga ditargetkan tampil impresif di Asian Games 2022 yang digelar tahun depan, merebut emas SEA Games 2023 dan menembus Piala Asia U-23 2024.

Sementara Timnas Indonesia senior, dituntut tampil impresif atau setidaknya lolos fase grup Piala Asia 2023. Karena itu, medio Juni 2022, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berencana memfokuskan Shin Tae-yong membesut Timnas Indonesia U-19 saja.

Kemudian, jabatan pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior diberikan kepada pelatih lain. Namun, rencana PSSI di atas batal terlaksana setelah mendapat penolakan dari pencinta sepakbola Tanah Air.

Shin Tae-yong

Akhirnya PSSI tetap dengan skema awal, yakni memercayakan jabatan pelatih Timnas Indonesia U-19, U-23 dan senior kepada Shin Tae-yong . Juru taktik 52 tahun itu pun menyanggupinya.

Tim senior saat ini skuadnya hampir sama dengan U-23. Jadi secara program dan sistem memang harus dibawa atau diterapkan di tiga tim ini, kata Shin Tae-yong kepada awak media di Stadion Madya, Senayan pada Selasa, 21 Juni 2022.

Memang ada rasa capek dan lelah, namun tiga tim ini harus saya pegang. Kalau tidak pastinya akan balik lagi ke semula, lanjut Shin Tae-yong saat itu.

Selang 1,5 bulan setelah pernyataan di atas, Shin Tae-yong mengeluh keberatan menangani tiga level Timnas Indonesia kepada media Korea Selatan. Jadi, langkah ideal apa yang harus diambil PSSI?

Topik Menarik