Loading...
Loading…
PSSI Komunikasi Pindah ke EAFF, Timnas Indonesia Bukan Tim Pertama AFF yang Tampil di EAFF Footbal Championship

PSSI Komunikasi Pindah ke EAFF, Timnas Indonesia Bukan Tim Pertama AFF yang Tampil di EAFF Footbal Championship

Powered by BuddyKu
Berita Utama | Okezone | Rabu, 20 Juli 2022 - 11:45

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan mengonfirmasi sudah menjalin komunikasi dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Mochamad Iriawan menyebut EAFF bakal senang-senang saja jika nantinya PSSI memillih gabung dengan mereka.

"Iya (komunikasi dengan EAFF) sudah menyampaikan kita lewat Sekjen. Mungkin dia (EAFF) seneng saja kalo kita masuk," kata Mochamad Iriawan kepada awak media yang juga dihadiri tim MNC Portal Indonesia.

Timnas Indonesia

Jika nantinya PSSI memilih pindah ke EAFF, Timnas Indonesia otomatis ambil bagian di EAFF Football Championship. EAFF Football Championship merupakan turnamen regional di EAFF, layaknya Piala AFF di Asia Tenggara.

Namun, jika ditelusuri lebih dalam, Timnas Indonesia bukanlah tim pertama AFF yang ambil bagian di EAFF Football Championship, jika nantinya benar pindah ke EAFF. Menurut penelusuran Okezone, Timnas Australia yang gabung AFF pada 2013, pernah ambil bagian di EAFF Football Championship 2013.

Saat itu, Australia bermodalkan pemain-pemain yang mentas di kompetisi lokal mereka, tampil dari babak kedua. Di babak kedua, Australia berduel dengan Korea Utara, Hong Kong, Taiwan, dan Guam.

Setelah melalui empat pertandingan, Australia mengoleksi 10 angka. Raihan itu sebenarnya sama persis dengan Korea Utara di posisi dua. Namun, Australia berhak menempati posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol.

Juara di babak kedua membuat Australia berhak melaju ke babak ketiga. Di babak ini, Australia sudah ditunggu tiga kekuatan utama Asia Timur yakni Jepang, Korea Selatan, dan China. Bermain di Seoul, Korea Selatan, menggunakan sistem round robin, Australia menjadi bulan-bulanan.

Timnas Australia

Sempat menahan tuan rumah Korea 0-0, Australia kemudian kalah 2-3 dari Jepang dan ditumbangkan China 3-4. Alhasil, Australia hanya duduk sebagai juru kunci grup dengan satu angka, terpaut enam poin dari Jepang di puncak klasemen.

Melihat fakta di atas, sanggupkah Timnas Indonesia bersaing di EAFF Football Championship? Tuah pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sangat dibutuhkan di sini.

Pasalnya, Shin Tae-yong pernah memenangkan trofi ini pada 2017. Saat itu, Shin Tae-yong membawa Timnas Korea Selatan juara setelah menang 4-1 atas Jepang di laga penentu.

Original Source

Topik Menarik