Edan! Klub Sepak Bola Sierra Leone Menang 91-1 dan 95-0

Edan! Klub Sepak Bola Sierra Leone Menang 91-1 dan 95-0

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 15:35
share

FREETOWN Dunia sepak bola dihebohkan dua pertandingan di Sierra Leone , Afrika Barat, yang menghasilkan skor tidak masuk akal. Dua pertandingan yang diduga match fixing itu masing-masing berakhir dengan skor 91-1 dan 95-0.

Pertandingan tersebut terjadi di divisi satu Liga Sierra Leone yang mempertemukan Gulf FC vs Koquima Lebanon. Di mana laga tersebut dimenangkan Gulf FC dengan skor telak 91-1.

Tak cuma sampai di situ, pada kompetisi yang sama, skor tidak masuk akal juga terjadi di laga Lumbenbu United vs Kahula Rangers. Di mana pada laga tersebut, Lumbenbu United menderita kekalahan telak 0-95.

Dengan format pertandingan berstandar FIFA yakni 90 menit, kedua pertandingan tersebut menghasilkan rata-rata satu gol per menit. Asosiasi Sepak Bola Sierra Leone (SLFA) langsung menggelar investigasi terkait dua laga yang tak lazim tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pers yang dirilis Senin (4/7/2022), SLFA menduga terdapat unsur pengaturan skor (match fixing) di dua pertandingan tersebut. Mereka mengatakan tidak ada toleransi untuk pelaku manipulasi pertandingan atau semacamnya.

"Masyarakat umum diyakinkan bahwa masalah tersebut akan diselidiki secara menyeluruh dan siapa pun yang terbukti bersalah akan menghadapi kekuatan hukum penuh," kata sebuah pernyataan.

Mereka yang terbukti bersalah akan diproses sesuai hukum SLFA," lanjut pernyataan tersebut.

Meski demikian, dua pertandingan itu bukan tercatat sebagai laga dengan skor terbanyak dalam sejarah sepak bola. Rekor pertandingan dengan gol terbanyak masih dipegang klub Madagaskar, AS Adema ketika mengalahkan SO l\'Emyrne dengan skor 149-0 pada tahun 2002.

Pada laga tersebut, para pemain SO l\'Emyrne dengan sengaja mencetak gol bunuh diri sebagai protes atas keputusan wasit yang tidak mereka setujui.

(sto)

Topik Menarik