Piala AFF U 19 2022 Indonesia vs Thailand Jamuan Untuk Musuh Bebuyutan

Piala AFF U 19 2022 Indonesia vs Thailand Jamuan Untuk Musuh Bebuyutan

Olahraga | BuddyKu | Rabu, 6 Juli 2022 - 07:05
share

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, bakal gemuruh. Tuan rumah Indonesia akan menjamu musuh bebuyutan, Thailand, pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022 malam ini.

Ini akan menjadi pertemuan kesembilan bagi kedua tim. Dari delapan pertemuan, secara keseluruhan Thailand terlalu superior buat Tim Garuda Nusantara. Timnas U-19 hanya menang dua kali, sisanya diborong Thailand.

Di lagan anti, pasukan Indonesia yang dimotori Marselino Ferdinan mengusung wajib menang, agar bisa lolos ke semifinal dan memperbesar harapan juara.

Sebagai pemegang gelar juara Piala AFF U-19 terbanyak, Thailand jelas jadi lawan yang tak bisa dianggap enteng oleh Timnas Indonesia.

Apalagi sepanjang babak penyisihan Grup A, Thailand belum pernah kalah dan mampu menyapu dua pertandingan dengan kemenangan. Pada laga perdana, Thailand U-19 sukses menang tipis 1-0 atas Filipina.

Sementara di laga kedua, skuat arahan Salvador Valero Garcia itu mampu mencukur Myanmar tiga gol tanpa balas.

Hasil dua kemenangan beruntun, membuat Thailand kini kokoh di puncak klasemen sementar Grup A Piala AFF U-19 dengan enam angka.

Sementara Timnas Indonesia, sejauh ini masih berada di tempat kedua, usai catatkan satu hasil seri kontra Vietnam dan satu kemenangan 7-0 saat berjumpa Brunei Darussalam.

Berkaca dari kondisi tersebut, jelas laga kontra Thailand hari Rabu nanti wajib dimenangkan Timnas Indonesia untuk memperbesar asa lolos ke semifinal dan jadi juara di akhir turnamen.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyadari anak asuhnya mempunyai rekor buruk atas Thailand. Tapi, pelatih asal Korea Selatan itu mempunyai racikan khusus agar bisa memetik kemenangan.

Shin Tae-yong sudah mempelajari gaya permainan Tim Gajah Putih. Bahkan, dia menonton langsung saat Thailand mengalahkan Myanmar.

Thailand tim kuat di Asia Tenggara, makanya saya menonton langsung permainan mereka, ujarnya.

Menurutnya, Thailand tidak hanya unggul kemampuan individu, mereka juga diunggulkan karena pelatih, Salvador Garcia sudah memiliki jam terbang yang cukup mumpuni bersama anak asuhnya.

Kemampuan individu, postur tubuh mereka sangat baik, jadi mental (Indonesia U-19) untuk berjuang harus ditingkatkan, ujar Shin Tae-yong.

Salvador Valero Garcia mengaku akan mewaspadai pergerakan gelandang andalan Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan.

Tidak hanya itu, pelatih asal Spanyol ini akan memerintahkan pemainnya untuk mematikan pergerakan gelandang milik Persebaya Surabaya tersebut.

Salvador Valero menilai, Marselino Ferdinan tampil prima di dua laga Piala AFF U-19 2022 yang dijalani di Timnas Indonesia U-19. Performa Marselino Ferdinan paling mencolok saat Timnas Indonesia U-19 menang 7-0 atas Brunei di pertandingan kedua.

Menurutnya, Marselino Ferdinan paling dominan, bahkan saat ditarik keluar di awal babak kedua, Timnas Indonesia U-19 sedang unggul 6-0 atas Brunei. Keluarnya Marselino Ferdinan membuat serangan skuad Garuda Nusantara menurun.

Timnas Indonesia U-19 hanya bisa menambah satu gol setelah Marselino Ferdinan keluar. Bagi yang belum tahu, pemain Persebaya Surabaya itu mengecap penampilan bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur.

Segudang pengalaman yang dimiliki Marselino Ferdinan di level internasional membuat Salvador Valero Garcia ngeri. Pergerakannya selama membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 pun membuat Salvador Valero Garcia terpukau.

Marselino Ferdinan adalah pemain kunci bagi Indonesia. Dia pemain top di grup ini. Kami bersiap-siap dengan taktik spesifik untuk menghentikannya, kata Valero pada jumpa pers, kemarin.

Sekadar informasi, Salvador Valero Garcia merupakan mantan Pelatih Timnas Thailand U-16. Valero menangani Thailand U-16 dalam kurun 2017 hingga 2019.

Hal itu berarti, Salvador Valero Garcia pernah beberapa kali berhadapan dengan para pemain Timnas Indonesia U-19 ketika masih membela tim U-16. Dengan berbekal pengalamannya itu, Salvador Valero Garcia berharap bisa mendapat hasil manis.

Saya harap bisa menang, mereka sekarang punya pelatih yang kuat. Dulu mereka dilatih Bima Sakti, sekarang mereka membawa pelatih baru (Shin Tae-yong), ujar pelatih asal Spanyol itu.

Topik Menarik