Kenali 5 Bahan Rumahan yang Tak Terbukti Efektif Hilangkan Karang Gigi

Kenali 5 Bahan Rumahan yang Tak Terbukti Efektif Hilangkan Karang Gigi

Olahraga | skor.id | Sabtu, 2 Juli 2022 - 23:07
share

SKOR.id - Karang gigi menjadi salah satu masalah kesehatan gigi yang cukup sering diderita. Peyebabnya, bisa dirangkum dalm persoalan gaya hidup.

Sebagai contoh, salah satu faktor yang menyebabkan terbentuknya karang gigi yaitu tingkat konsumsi gula yang tinggi. Selain itu, merokok juga bisa menjadi penyebab munculnya karang gigi.

Banyaknya orang yang memiliki masalah karang gigi membuat banyak muncul berbagai bahan yang diklaim efektif menghilangkan karang gigi.

Namun ternyata, beberapa bahan terbukti tak mampu menghilangkan karang gigi. Bahkan menurut para ahli, bahan-bahan tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan mulut jika penggunaannya berlebihan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bahan-bahan yang tak terbukti efektif menghilangkan karang gigi. Berikut rangkumannya, seperti yang dilansir laman MejorconSalud.

1. Peterseli atau Parsley

Ada yang menyebutkan bahwa daun parsley memiliki manfaat untuk kesehatan mulut, termasuk menghilangkan karang gigi.

Namun kenyataannya, tidak ada bukti bahwa mengunyah tanaman yang bentuknya mirip seledri itu bisa menghilangkan karang gigi.

2. Stroberi

Upaya membersihkan karang gigi dengan menggunakan buah stroberi merupakan usaha yang sia-sia. Menggosok gigi dengan stroberi tak bisa menghilangkan karang gigi dari gigi Anda.

Membersihkan gigi dengan buah strobery juga tak terlalu baik untuk membuat gigi menjadi putih. American Dental Association pun mengingatkan bahwa asam buah berpotensi merusak email gigi.

3. Apsintus Gunung (Artemisia arborescens L)

Tanaman berbunga itu termasuk dalam keluarga Asteraceae yang berasal dari wilayah Mediterania.

Apsintus gunung dikenal sebagai pelengkap untuk memerangi radang gusi, bisul, bau mulut dan sakit gigi dalam pengobatan tradisional.

Meski begitu, sejatinya tidak ada cukup bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa apsintus gunung efektif untuk mengobati masalah mulut.

Bahkan apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi, apsintus gunug justru beracun.

4. Arang Aktif

Arang aktif juga bukan bahan rumahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan karang gigi. Penelitian juga gagal membuktikan bahwa arang aktif bisa membuat gigi putih.

Untuk diketahui, arang aktif merupakan zat abrasif, sehingga penggunaannya justru dapat mengikis email gigi dan meningkatkan risiko kondisi mulut.

5. Kulit jeruk

Seperti penggunaan buah stroberi, menggosok gigi dengan kulit jeruk juga dapat mempengaruhi email gigi karena kandungan asamnya.

Mandi Air Dingin vs Air Panas, Ini Manfaat dan Bahayanya untuk Kesehatan Tubuh

Biji Rami, Biji-Bijian yang Ampuh Atasi Sembelit

&
Topik Menarik