5 Pemain dengan Backhand Smash Mematikan, Nomor 3 Lebih Cepat dari Pukulan Taufik Hidayat

5 Pemain dengan Backhand Smash Mematikan, Nomor 3 Lebih Cepat dari Pukulan Taufik Hidayat

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 07:46
share

JAKARTA, iNews.id- Backhand smash kerap menjadi senjata andalan para pemain bulu tangkis untuk mematikan gerakan lawan. Salah satu yang paling tersohor punya backhand smash mematikan yakni legenda Indonesia Taufik Hidayat.

Backhand smash bisa dikatakan sebagai salah satu teknik tersulit dalam bulu tangkis. Untuk melakukannya, pemain harus mengayunkan raket saat shuttlecock mengarah ke daerah sang pemain.

Tubuh harus memutar, serta tangan harus diayunkan dengan sekuat tenaga. Teknik pukulan ini sama seperti smash, namun dalam posisi tubuh yang berbalik. Jika dapat menguasainya, seorang pemain dapat melepaskan backhand yang sangat kuat.

Beberapa pemain di antaranya memiliki backhand smash begitu luar biasa. Sejumlah atlet Indonesia dan juga mancanegara yang memiliki pukulan backhand yang kencang.

Ini 5 pemain dengan Backhand Smash mematikan :

1. Taufik Hidayat

Taufik
Taufik Hidayat .(Foto: Tangkapan Layar Youtube The Badminton Experience)

Siapa yang tidak mengenal legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat. Semasa jayanya, Taufik dijuluki Si Raja Backhand Smash berkat kemampuan spesialnya dalam melakukan smash menggunakan teknik backhand.

Saat bertanding di lapangan, ciri khas yang begitu melekat dengan Taufik Hidayat adalah backhand smash-nya. Bahkan, dia sempat mencatatkan rekor backhand smash dengan kecepatan 260 km/jam.

2. Viktor Axelsen

Pebulu
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen. (Foto: MPI/Andhika Khoirul Huda)

Axelsen dapat dikatakan sebagai salah satu tunggal putra terbaik yang ada saat ini. Permainannya yang begitu agresif membuat pemain asal Denmark ini begitu sulit untuk dikalahkan.

Salah satu senjata yang kerap digunakan Axelsen adalah Backhand smash andalannya. Dengan teknik ini, dia selalu bisa mempersulit lawan dan membuatnya tak berkutik.

3. Lee Zii Jia

Pebulutangkis
Pebulutangkis Malaysia Zii Jia. (Foto: The Star)

Banyak yang menganggap Lee sebagai pewaris tahta Raja Backhand smash milik Taufik Hidayat. Pasalnya, Lee juga dikenal memiliki pukulan backhand smash yang begitu kencang.

Bahkan, pemain berusia 23 tahun itu bisa disebut melakukan backhand smash dengan kecepatan lebih cepat dari Taufik Hidayat. Pada All England 2022 lalu, Lee Zii Jia melakukan backhand smash dengan kecepatan 372 km/jam

4. Kevin Sanjaya

Ganda
Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: Twitter/@INABadminton)

Selain aksi tengilnya di lapangan, pasangan Marcus Gideon di sektor ganda putra itu beberapa kali mendapatkan pujian. Hal itu dikarenakan kemampuannya sebagai pemain terbaik di dunia.

Atlet peringkat satu dunia itu kerap unjuk gigi lewat kecepatannya secepat kilat hingga backhand smash-nya. Aksinya tersebut selalu dapat membuat penonton terpukau.

5. Lee Chong Wei

Legenda
Legenda bulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei. (Foto: CGTN)

Lee Chong Wei adalah tunggal putra terbaik yang pernah dimiliki Malaysia dan bahkan mungkin dunia. Hal itu dapat dibuktikan dengan berbagai gelar yang pernah diraihnya saat masih aktif menjadi pebulu tangkis profesional, termasuk tiga gelar juara dunia dan medali perak Olimpiade.

Smash keras Lee Chong Wei terjadi saat dirinya tampil di Hong Kong Open 2015. Tidak hanya menang, di satu laga Lee Chong Wei bahkan mampu melesatkan smash dengan kecepatan 408 km/jam. Saat itu, pukulan 408 km/jam menjadi smash tercepat di dunia.

Topik Menarik