Menpora Beri Lampu Hijau PSSI Lakukan Naturalisasi Pemain untuk Piala Dunia U-20 2023

Menpora Beri Lampu Hijau PSSI Lakukan Naturalisasi Pemain untuk Piala Dunia U-20 2023

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 30 Juni 2022 - 02:53
share

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memnberikan lampu hijau kepada PSSI untuk bisa melakukan naturalisasi pemain U-20. Menurutnya ini demi kepentingan Timnas Indonesia U-20 yang berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Sejauh ini memang ada tiga pemain U-20 yang datang ke Indonesia untuk bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Bahkan mereka juga sudah mengikuti latihan bersama Shin Tae-yong di Jakarta.

Ketiga pemain tersebut adalah Kai Davy Boham, Max Christoffel dan Jim Croque. Zainudin Amali menjelaskan saat ini pihaknya menunggu permintaan dari PSSI, tentunya setelah berembuk dengan Shin Tae-yong, untuk menaturalisasi pemain.

"Kita menunggu. Saya kan di sini cuma melengkapi secara administrasi tidak menentukan kualifikasi teknis," kata Zainudin Amali saat ditemui di Gedung Kemenpora, Selasa (28/6/2022).

"Itu (naturalisasi) biar urusan pelatih dan federasi (PSSI). Apa yang diminta federasi itu yang akan kami beri dukungan," terangnya.

Akan tetapi, hingga saat ini Shin Tae-yong belum mengajukan nama-nama pemain untuk dinaturalisasi, khususnya untuk Piala Dunia U-20 2023. Meski sudah ada beberapa pemain asal Belanda yang kemampuannya dijajal.

Belum diketahui bagaimana nasib ketiga pemain keturunan tersebut. Sampai dengan saat ini Shin Tae-yong belum mengambil keputusan.

Sementara itu Timnas Indonesia U-19 sedang dipersiapkan untuk menghadapi Piala AFF U-19 2022 di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli. Tim Merah Putih berada di Grup A bersama Vietnam, Myanmar, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

Topik Menarik