Gorontalo Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Kejuaran Asia Mini Football 2023

Gorontalo Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Kejuaran Asia Mini Football 2023

Olahraga | skor.id | Rabu, 29 Juni 2022 - 16:00
share

SKOR.id- Olahraga di Provinsi Gorontalo mulai menggeliat sejak kehadiran Hamka Hendra Noer ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo.

Pada tahun 2023, Gorontalo akan go internasional dengan menjadi tuan rumah Kejuaraan Piala Asia Mini Football.

Ini merupakan sejarah, sebab jadi pertama kalinya Gorontalo menggelar event skala internasional.

Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari, yang didampingi Wakil Presiden AMFC Wilayah Asia Timur, Andibachtiar Yusuf, telah melakukan kunjungan ke Gotontalo.

"Sebenarnya Kejuaraan Piala Asia Mini Football sudah disetujui dilaksanakan tahun ini, sekitar bulan Oktober sampai November,"Hamka Hendra Noer, Selasa (28/6/2022).

"Tetapi, saya meminta dilaksanakan tahun depan. Biar persiapan lebih matang dan kita bisa membenahi sarana dan prasarana untuk mensukseskannya,"ia menambahkan.

Hamka Hendro Noer yang didampingi Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga, Arsyad Ahmadin, juga sempat mengajak rombongan Presiden AMFC meninjau tiga lapangan.

Yakni tempat yang akan menjadi lokasi pertandingan Kejuaraan Asia Mini Footbaall 2023.

Lokasi pertama di lapangan Gelanggang Olahraga David Toni di Limboto, Kabupaten Gorontalo, serta Stadiun Merdeka, dan lapangan Amal di Kota Gorontalo.

"Saya dengan Presiden AMFC dan Wakil Presiden AMFC telah melakukan kunjungan ke dua lokasi tersebutm," Hamka Hendro Noer.

"Alhamdulillah menurut mereka lapangannya memenuhi standar untuk pelaksanaan Piala Asia Mini Soccer," ia menambahkan.

Presiden AMFC, Mohammad Alddausari, yang hadir dalam jumpa pers, mengaku senang jika Kejuaraan Asia Mini Football akan digelar di Provinsi Gorontalo.

"Melihat keseriusan pemerintah dan masyarakat Gorontalo yang begitu antusias, saya senang kalau kejuaraan Asia mini football dilaksanakan di Gorontalo,"ucap Alddausari.

Menurutnya, kepastian Gorontalo untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Mini Football 2023 akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan secara internal dengan negara-negara anggota AMFC.

Iamenambahkan, kejuaraan Asia ini untuk pertama kalinya digelar sejak terbentuknya AMFC sehingga akan menjadi catatan sejarah bagi Provinsi Gorontalo.

"Jika ini sudah disepakati, tiga bulan sebelum pertandingan tim-tim dari negara Asia akan datang ke Gorontalo. Ada 16 negara yang akan mengikuti kejuaraan Asia mini football pada tahun 2023," ujar Alddausari.

Menyangkut kelayakan lapangan, Andibachtiar Yusuf yang juga Presiden Mini Football Indonesia menilai sudah cukup memadai.

Apalagi, menurutnya, mini football dimainkan di lapangan lebih kecil dengan jumlah pemain enam lawan enam.

"Tadi kita sudah melihat tiga lapangan, satu di antaranya memang lapangan mini football asli," ucap Andibachtiar.

"Sedangkan yang dua lagi adalah lapangan besar yang akan dikondisikan menjadi lapangan yang lebih kecil untuk mini football ."

"Kondisi lapangan lumayan, apalagi perjalanan masih panjang sehingga tentunya ada perbaikan yang akan dilakukan,"ia memungkasi.

PFA Selesaikan Pencarian Putra Berbakat dari Papua

&
Topik Menarik