Lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia, Israel: Pakai Otak

Lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia, Israel: Pakai Otak

Olahraga | genpi.co | Senin, 27 Juni 2022 - 09:57
share

GenPI.co - Pelatih Timnas Israel U-19, Ofir Haim ungkapkan para pemainnya lebih mengandalkan otak dibandingkan otot saat berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Seperti diketahui, Israel dipastikan mengunci satu tempat di putaran final Piala Dunia U-20 2023 usai finis sebagai runner-up di Grup B Piala Eropa U-19 2022.

Lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 menjadi sejarah baru bagi Israel yang sebelumnya belum pernah berhasil lolos ke pentas dunia kelompok umur tersebut.

Berada satu grup dengan tim-tim kuat seperti Inggris, Serbia dan Austria membuat Ofir Haim harus memutar otaknya untuk menyusun strategi yang efektif dan efisien.

Melansir dari Times of Israel, Minggu (26/6) Haim mengaku senang melihat para pemainnya bisa mengandalkan otak mereka di lapangan karena tidak memiliki kemampuan fisik melebihi lawan-lawannya.

"Jelas bahwa kami (Israel) tak memiliki kemampuan fisik dan kecepatan yang sama dengan pemain-pemain muda asal Eropa. Jadi, kami perlu menambal kekurangan tersebut dengan bermain secara cerdas," tutur Ofir Haim.

Mengandalkan otak yang dimaksudnya yaitu mampu bersikap bijaksana dan mengambil keputusan yang tepat tanpa perlu memaksakan diri bermain di luar batas kemampuan.

"Untungnya, para pemain mampu bersikap bijaksana dan bisa mengambil keputusan yang sesuai dengan keadaan. Alhasil, kecerdasan yang mereka miliki mampu mengimbangi kekuatan fisik tim lawan," jelas Ofir Haim.

Sementara itu, selain Israel, sudah ada tiga tim lain yang lebih dulu dinyatakan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 yaitu Prancis, Italia, dan Inggris.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia, pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023, di mana Jakarta, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya dan Bali akan menjadi tuan rumah.(*)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik