5 Top Draft Pick yang Kariernya Gagal Total di NBA, Anthony Bennett Terparah

5 Top Draft Pick yang Kariernya Gagal Total di NBA, Anthony Bennett Terparah

Olahraga | skor.id | Jum'at, 24 Juni 2022 - 15:15
share

SKOR.id - Menjadi top pick draft atau pemain yang dipilih pertama dalam NBA Draft mungkin jadi impian setiap pebasket yang ada di dunia.

Sebab dengan begitu, kemampuan mereka saat masih di luar NBA, entah di NCAA, liga eropa, maupun kompetisi lainm benar-benar diakui.

Dalam sejarah NBA, banyak top pick draft yang akhirnya jadi legenda seperti LeBron James, Hakeem Olajuwon, Allen Iverson, dan Tim Duncan.

Bahkan, dari Benua Asia ada Yao Ming yang karier basketnya melambung bersama Houston Rockets pada medio 2002-2011 silam.

Namun, di antara pemain-pemain top draft pick NBA yang mengakhiri kariernya dengan status legenda, tak sedikit pula yang gagal total.

Saking gagalnya memenuhi ekspektasi, para pebasket tersebut sampai mendapatkan cap "bust" di NBA oleh para penggemar.

Berikut lima top pick draft NBA yang gagal total:

1. Anthony Bennett (NBA Draft 2013)

Anthony Bennett bersinar bersama University of Nevada Las Vegas (UNLV) di NCAA hingga membuat Cleveland Cavaliers, kepincut.

Cavs yang kemudian mendapat jatah ambil nomor satu dalam NBA Draft 2013, tanpa ragu memilih pemain kelahiran Kanada itu.

Sayang, Cavs yang butuh bintang baru sepeninggal LeBron James ke Miami Heat, kala itu, tak mampu memenuhi ekspektasinya.

Anthony Bennett hanya mampu mencetak 4,2 poin per game (PPG) pada musim pertamanya di NBA 2013-2014.

Pada musim berikutnya atau NBA 2014-2015, penampilan Anthony Bennett tak kunjung membaik karena hanya membuat 5,2 PPG.

Cavs yang tak sabar kemudian men-draft sang pemain ke Minnesota Timberwolves pada NBA 2015-2016.

Tidak kunjung tampil apik, pria yang kini berusia 29 tahun tersebut memutuskan pindah ke Toronto Raptors, lalu Brooklyn Nets.

Anthony Bennet akhirnya keluar NBA pada 2017 untuk cari peruntungan di negara lain dan kini memperkuatklub Taiwan, Kaoushiung Steelers.

2. Kwame Brown (NBA Draft 2001)

Reputasi legenda NBA yang dimiliki Michael Jordan tak otomatis membuatkarier barunya sebagai eksekutif klub di Washington Wizard, mulus.

Di awal karier barunya sebagaiPresiden of Basketball Operations, Washington Wizards mendapat jatah ambil paling awal di NBA Draft 2001.

Saat itu, klub membutuhkan seorang bigman dan pada 2001, ada nama-nama yang akhirnya jadi pemain hebat seperti Pau Gasol, Tyson CHandler, dan Zach Randolph.

Namun, Washington Wizards malah memilih Kwame Brown yang akhirnya flop dan tidak menjadi apa-apa di NBA.

Reputasi sang legenda sedikit terselamatkan karena pada ronde kedua NBA Draft 2001, klubnya memilih Gilbert Arenas yang akhirnya jadi pilar penting.

3. Greg Oden (NBA Draft 2007)

Portland Trail Blazers tentu tidak salah memilih Greg Oden pada NBA Draft 2007 karena di NCAA, ia menunjukkan potensi besarnya.

Bahkan, saking apiknya penampilan Greg Oden, kala itu, dirinya sampai disebut sebagai versi upgrade dari Shaquille O\'Neal.

Oden punya fisik kuat untuk bertarung di bawah ring dan piawai melakukan tembakan tiga angka, sesuatu yang tidak dimiliki O\'Neal.

Sayang, nasib nahas menimpa Oden. Sebelum NBA bergulir, dirinya mengalami cedera lutut parah dan harus melakukan operasi.

Cedera lutut inilah yang akhirnya membuat pemain kelahiran Buffalo, New York itu tak mampu menunjukkan potensi sesungguhnya.

Oden baru menjalani debut di NBA pada 2008-2009 dan hanya mampu membukukan 8,9 poin per game (PPG).

4. Markelle Fultz (NBA Draft 2017)

Markelle Futlz diharapkan bisa membantu Joel Embiid dan Ben Simmons membawa Philadelphia 76ers meraih kejayaan.

Sayang, cedera bahu pada musim pertamanya di NBA, menurunkan performanya. Terutama saat melakukan shooting.

Dia pun pindah ke Orlando Magic pada NBA 2019-2020 dan mengalami peningkatan performa meski tidak signifikan.

Setidaknya, Markelle Fultz cukup berkontribusi dalam membawa timnyamenembus playoff NBA, ketika itu.

Namun, sebelum playoff, cedera lutut menghampirinya. Karena itu pula, pada 2020-2021 dan 2021-2022 dia jarang bermain.

5. Michael Olawokandi (NBA Draft 1998)

Mendapatkan jatah ambil pertama pada NBA Draft 1998, LA Clippers memutuskan mengambil center dan pilihan jatuh ke Michael Olawokandi.

Sayangnya, pemain asal Nigeria itu gagal menjadi bintang. Termasuk saat pindah ke Minnesota Timberwolves (2003) dan Boston Celtics (2006-2007).

Michael Olawokandi memilih mengakhiri kariernya di NBA pada 2007 atau saat usianya masih 32 tahun, akibat sakit hernia dan cedera lutut.

Detroit Pistons Dapat Jatah Ambil Pertama di NBA Draft 2021

&
Topik Menarik