Ini Alasan Timnas Israel U-19 Boleh Tampil di Indonesia Bila Lolos Piala Dunia U-20 2023

Ini Alasan Timnas Israel U-19 Boleh Tampil di Indonesia Bila Lolos Piala Dunia U-20 2023

Olahraga | BuddyKu | Jum'at, 24 Juni 2022 - 11:57
share

JAKARTA - Timnas Israel U-19 berpeluang lolos ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Menyikapi hal tersebut, pemerintah melalui KemenporasertaPSSI sepakat bahwa Israel boleh bermain di Tanah Air.

Sebelumnya diketahui bahwa Timnas Israel U-19 kini berada di peringkat runner-up klasemen Grup B Piala Eropa U-19 2022. Mereka hanya butuh hasil imbang melawan Timnas Inggris U-19 di Stadion Mestsky, Ziar nad Hronom, Slowakia, pada Sabtu (25/6/2022), untuk merebut satu tiket ke Indonesia tahun depan.

Meski segala kemungkinan masih bisa terjadi, namun Menpora Zainudin Amali sudah memberikan pernyataan bahwa atlet Israel bisa tampil di Indonesia. Dia menjamin bahwa olahraga tidak ada urusannya dengan politik.

Ya dia (Timnas Israel U-19) bisa tetap datang bermain, itu sudah kita bahas ya dari 2019 negara yang lolos menjadi peserta FIFAWorld Cup U-20 2023 kita akan persilakan main, kata Menpora Amali, Kamis (23/6/2022).

Menpora Zainduin Amali (Kemenpora)
Menpora Zainduin Amali (Kemenpora)

Jadi kan, olahraga itu enggak ada hubungannya dengan urusan politik. Karena itu, FIFA sudah menyampaikan kepada kita, siapapun negara yang lolos itu harus bisa main di Indonesia. Jadi, enggak ada masalah, lanjut pria asal Gorontalo itu.

Menyikapi hal tersebut keputusan pemerintah dirasa cukup bijak. Pasalnya jika dilihat dalam dimensi olahraga Indonesia wajib menerima Timnas Israel U-19 untuk berlaga di Tanah Air.

Menurut Dosen Hubungan Internasional Universitas Pertamina Jakarta, M Fauzi Rachman, meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik, nyatanya Indonesia-Israel punya hubungan informal di berbagai bidang. Terlebih turnamen Piala Dunia U-20 2023 berada dalam payung FIFA bukan dari pemerintah.

"Timnas Israel U-19 sejatinya boleh (tampil di Indonesia) karena mereka berada pada dimensi olahraga, dan Indonesia-Israel tergabung dalam satu organisasi sepakbola yaitu FIFA." jelas Fauzi saat dihubungin Sportstars.id , Kamis (23/6/2022) malam.

Dia pun tak menampik bahwa jika hal ini terealisasi mungkin akan timbul kontroversi di masyarakat. Namun terlepas dari segala kemungkinan, Fauzi berharap supayaada pengamanan untuk keselamatan para pemain Israel. Pasalnya hal ini penting untuk menjaga nama baik Indonesia di mata dunia.

"Masalahnya tumpang tindih, karena olahraga dimainkan di tanah yang berdaulat dengan segala kebijakannya, jadi mau gamau pasti bersentuhan dengan politik." beber Fauzi.

Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pertamina, M Fauzi Rachman (Foto: dok, Fauzi Rachman)
Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pertamina, M Fauzi Rachman (Foto: dok, Fauzi Rachman)

"Kalau lihat dimensi olahraga, bila Israel lolos, maka Indonesia wajib menerima Israel dan timnas Israel berhak berlaga di Indonesia. Bila Indonesia menolak, FIFA pasti akan menghukum Indonesia (PSSI)." jelasnya.

Menyikapi segala macam kemungkinan PSSI selaku pihak yang bertanggung jawab atas turnamen tersebut juga telah mewanti-wanti hal tersebut dari jauh-jauh hari. Mereka menyebut akan mengakomodir kebutuhan hingga keselamatan pemain Timnas Israel U-19 jika nanti berlaga di Indonesia.

"Ini sepak bola. Jadi, tidak ada masalah. Israel tetap kami akomodir," Ketum PSSI, Mochamad Iriawan kepada awak media termasuk Sportstars.id pada Kamis (23/6/2022) malam.

Maka demikian bisa disimpulkan bahwa perhelatan Piala Dunia U-20 2023 tidak boleh dicampuradukan dengan politik. Terlepas dari hubungan diplomatik kedua negara, Indonesia yang menerima mandat FIFA diharapakan dapat menggelar turnamen dengan baik dan aman sebagai tuan rumah.

Topik Menarik