Loading...
Loading…
5 Stadion Sepak Bola Terbesar di Asia, JIS Masuk Daftar

5 Stadion Sepak Bola Terbesar di Asia, JIS Masuk Daftar

Powered by BuddyKu
Olahraga | Sportstars | Jumat, 24 Juni 2022 - 05:17

JAKARTA -Stadion sepak bola terbesar di Asia tak kalah besarnya dengan stadion di Eropa. Dalam beberapa tahun terakhir popularitas sepakbola di tanah Asia meningkat.

Piala Dunia 2002 Korea Selatan - Jepang menjadi titik perubahan sepakbola Asia. Berkat event terakbar 4 tahunan tersebut, Asia menjadi sosok kuda hitam alias diperhitungkan bagi negara di benua lainnya.

Dengan seiring meningkatnya popularitas sepakbola Asia, menjadikan beberapa negara mendirikan stadion-stadion besar. Dengan konstruksi yang megah dan kapasitas penonton yang banyak pun menjadi ciri khasnya.

Diharapkan dengan adanya pembangunan stadion terbesar di Asia membuat negara-negara Asia mampu menjadi pesaing di kejuaraan-kejuaraan besar, terutama Piala Dunia. Penasaran dengan stadion mana saja yang masuk daftar Stadion Sepak Bola Terbesar di Asia? Mari kita ulas informasi di bawah ini. Stadion Sepak Bola Terbesar di Asia 5. Japan National Stadium (Jepang)

Posisi lima stadion sepak bola terbesar di Asia diisi oleh Japan National Stadium, Tokyo. Hal yang menarik dari stadion ini adalah pembangunan yang menggunakan kayu-kayu khusus dari tiap daerah prefektur di Jepang.

Baca Juga :
5 Stadion Megah Siap Unjuk Gigi jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Kayu dari Hokkaido digunakan untuk pembangunan atap di sisi selatan, sedangkan Okinawa atap di sisi utara. Kapasitas penonton diyakini berjumlah 80.016 kursi. Stadium ini terakhir digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralympic Tokyo 2020 lalu. 4. Jakarta International Stadium (Indonesia)

Stadion sepakbola terbesar di Asia ditempati oleh Jakarta International Stadium. Stadion ini diresmikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tepatnya bulan Desember 2021 lalu.

JIS ini diyakini akan mengalahkan besarnya stadion-stadion di Asia seperti Shah Alam Stadium di Malaysia, Japan National Stadium di Jepang. Jumlah kapasitas penonton diyakini akan berjumlah 82.000 tempat duduk. Hal itu akan JIS menjadi salah satu stadion sepakbola terbesar di Asia. 3. Salt Lake Stadium (India)

Salt Lake Stadium menempati posisi ketiga stadion sepakbola terbesar di Asia. Stadion ini terletak di kota Kolkata. Stadion ini awalnya berkapasitas 120.000 penonton namun berkurang menjadi 85.000 dikarenakan renovasi di tahun 2015 lalu.

Stadion ini merupakan markas bagi tim lokal Mohun Bagan FC dan SC East Bengal. Selain sepakbola, stadion ini biasa digunakan untuk acara kesenian dan konser musik. 2. Bukit Jalil National Stadium (Malaysia)

Baca Juga :
Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, 5 Stadion ini Layak untuk Dipakai

Negara tetangga Indonesia, Malaysia ternyata memiliki stadion terbesar di Asia. Pada tanggal 1 Januari 1995 Bukit Jalil National Stadium ini diresmikan oleh pemerintah negara Malaysia.

Stadion ini awalnya berkapasitas 110.000 penonton namun kini berkurang menjadi 85.000 penonton. Pengurangan kapasitas dikarenakan stadion mengalami renovasi di tahun 2017 lalu. 1. Rungrado Mayday Stadium (Korea Utara)

Rungrado Mayday Stadium diyakini menjadi stadion terbesar di Asia bahkan dunia. Stadion ini terletak di kota Pyongyang. Luas tanah yang dibangun untuk stadion ini pun sangat luas yaitu 20,7 hektare.

Stadion ini diresmikan pada tanggal 1 Mei 1989. Jumlah kapasitas penonton diyakini berjumlah 150.000 kursi. Kapasitas tersebut mampu mengalahkan stadion milik FC Barcelona, Camp Nou dan Wembley Stadium, Inggris. Saat ini Rungrado Mayday Stadium merupakan markas bagi timnas sepakbola Korea Utara dan pernah menjadi tempat perhelatan acara-acara besar.

Demikian informasi mengenai stadion sepakbola terbesar di Asia. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semua.

Original Source

Topik Menarik