Alasan 3 Pemain Berdarah Belanda Tak Bisa Membela Timnas Indonesia

Alasan 3 Pemain Berdarah Belanda Tak Bisa Membela Timnas Indonesia

Olahraga | jawapos | Selasa, 21 Juni 2022 - 23:55
share

JawaPos.com- PSSI memastikan para pemain Belanda keturunan Indonesia tidak akan bermain di Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung 2-15 Juli mendatang. Padahal, para pemain tersebut sudah ikut berlatih bersama skuad berjuluk Garuda Nusantara.

"Status mereka saat ini, Shin (Tae-yong) masih ingin melihat kemampuan dan kualitas mereka saja," ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri di Stadion Madya Gelora Bung Karno dikutip dari Antara.

Adapun tiga pemain Belanda yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) bersama timnas U-19 Indonesia sejak Senin (20/6) adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Menurut Indra Sjafri, para pemain itu akan diupayakan menjadi WNI. Tetapi, dengan syarat performa dan kualitas mereka dianggap memadai oleh pelatih Shin Tae-yong.

"Kalau Shin mengatakan oke, kami akan mengajukan mereka untuk menjadi WNI," tutur pria yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 itu.

Apa yang disampaikan Indra Sjafri diamini pelatih Shin Tae-yong. "Untuk kali ini, memang saya mau langsung mengecek kemampuan mereka. Saya memanggil mereka untuk melihat performanya," ucap STY.

Sementara itu, ada satu nama pemain berdarah Indonesia-Belanda lain yang dikabarkan memperkuat timnas U-19. Dia adalah Ivar Jenner. Namun, STY belum dapat memberikan kabar pasti.

"Belum ada kabar terbaru. Belum ada tambahan pemain luar negeri lain untuk datang ke sini," ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Piala AFF U-19 2022 akan digelar pada 2-15 Juli 2022. Ajang tersebut berlangsung di dua wilayah Indonesia yakni Jakarta dan Bekasi.

Pada turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Pertandingan pertama Indonesia di turnamen itu bergulir pada Sabtu (2/7) melawan Vietnam. Laga tersebut berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, mulai pukul 20.30 WIB.

Meski tak dapat tampil di Piala AFF U-19, nama-nama pemain keturunan tersebut diprediksi bisa berlaga pada Piala Dunia U-20 2023.

Topik Menarik