Tunggal Putra Melempem, PBSI Siapkan Pelatih Tambahan

Tunggal Putra Melempem, PBSI Siapkan Pelatih Tambahan

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 21 Juni 2022 - 11:38
share

JAKARTA Usai gelaran Indonesia Open 2022 dan Indonesia Masters 2022, sektor tunggal putra bulutangkis Indonesia kembali disorot karena tak berprestasi. Salah satu yang dikritik adalah kurang kompetennya pelatih yang menangani Anthony Sinisuka Ginting dan kolega, yakni Irwansyah.

Seperti diketahui, pada dua ajang tersebut tiga tunggal putra teratas Tanah Air tak mendapat gelar apapun. Hanya Anthony Sinisuka Ginting yang meraih hasil lumayan dengan masuk semifinal Indonesia Masters 2022 sebelum akhirnya disingkirkan sang juara asal Denmark, Viktor Axelsen.

Anthony Sinisuka Ginting
Anthony Sinisuka Ginting

Sementara itu, dua pemain lainnya, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito tak mampu berbicara banyak. Mereka sama-sama tersingkir di babak 32 besar turnamen super 500 itu.

Pada ajang Indonesia Open 2022, hasilnya tak jauh berbeda. Vito tumbang lagi di babak 32 besar, Jojo kalah di babak 16 besar dan Gintng lagi-lagi kalah dari Axelsen, meski kali ini di fase perempat final.

Hasil tersebut membuat Irwansyah kembali dikritik karena di bawah asuhannya prestasi tunggal putra Indonesia tak terlalu mentereng, terutama dalam satu tahun terakhir. Tercatat, hanya Jojo yang terakhir kali bisa menjadi juara, yakni pada gelaran Swiss Open 2022 lalu.

Kabid Binpres PBSI, Rionny Mainaky, pun tak menampik bahwa pelatih di sektor tunggal putra memang perlu dievaluasi. Namun menurutnya, sejauh ini program yang sudah ada berjalan dengan baik dan hanya tinggal menambahkan bantuan saja.

Secepatnya akan dievaluasi karena ada lima sektor untuk pelatih. Itu sudah saya bicarakan, dan untuk pelatih (tunggal putra) memang kita perlu bantuan. Program mereka sudah bagus tinggal sabar atau tidak terharap pemain, kata Rionny kepada awak media di Istora Senayan pekan lalu.

Kendati demikian, sampai saat ini PBSI belum membeberkan siapakah yang nanti akan membantu Irwansyah untuk melatih sektor tunggal putra. Patut ditunggu keputusan seperti apa yang nanti akan dibuat oleh PBSI mengenai hal tersebut.

Legenda Tunggal Putra Indonesia, Taufik Hidayat (MPI/Quadiliba Al-farabi)

Sebelumnya, legenda tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, juga berulang kali menyatakan kritiknya pada PBSI soal pelatih tunggal putra, bahkan sebelum era Irwansyah. Menurutnya, PBSI perlu mencari pelatih yang lebih baik agar bisa mencatatkan prestasi yang lebih gemilang.

Pada akhir pekan lalu di Istora Senayan, Taufik pun kembali melontarkan kritiknya. Dia bersikukuh PBSI membutuhkan seorang pelatih utama tunggal putra yang lebih kompeten dibanding yang sudah ada.

"Pelatih utama dulu saja, kalau perangkatnya sudah ada, nanti tinggal atletnya siap apa nggak. Ujung-ujungnya tetap kembali ke atlet juga, apakah mereka mau apa tidak, ujar Taufik kepada awak media.

Topik Menarik