Ingat Van Beukering? Eks Striker Naturalisasi Timnas Indonesia Kini Jadi Satpam Klub Malam

Ingat Van Beukering? Eks Striker Naturalisasi Timnas Indonesia Kini Jadi Satpam Klub Malam

Olahraga | BuddyKu | Senin, 20 Juni 2022 - 19:38
share

AMSTERDAM, iNews.id- Timnas Indonesia dulu memiliki striker naturalisasi berbadan gempal bernama Jhonny van Beukering. Namun kini nasibnya sungguh miris, dia menjadi satpam di klub malam di Belanda.

Van Beukering merupakan salah satu pemain dari proyek naturalisasi Indonesia di masa lalu. Saat itu, PSSI tengah gencar mencari pemain keturunan untuk memperkuat Timnas Indonesia. Meski tampak baru gencar melakukannya sekarang, tindakan ini sejatinya sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam.

Salah satu pemain keturunan yang telah dinaturalisasi adalah Van Beukering. Dia dinaturalisasi jelang bergulirnya Piala AFF 2012 dengan harapan membantu Timnas Indonesia menjadi juara.

Sayangnya, pemain berdarah Belanda-Indonesia itu hanya tampil dua kali untuk Timnas Indonesia. Sebab, Skuad Garuda gagal lolos dari fase grup.

Van Beukering sempat bermain di Pelita Bandung Raya. Akan tetapi, Van Beukering akhirnya kembali ke Belanda.

Pada Januari 2014, Van Beukering tersandung kasus kriminal karena polisi menemukan 600 pohon ganja tertanam di salah satu rumahnya di Arnhem. Van Beukering membantah kalau ia yang menanam tumbuhan tersebut.

Setelah pensiun pada 2019, nama Van Beukering makin tengelam. Ternyata, beberapa tahun terakhir ini, dia pun mengalami kesulitan secara finansial. Dia bahkan menjalani beberapa profesi, mulai dari pelatih klub lokal, konsultan kesehatan mental, dan instruktur pusat kebugaran hingga penjaga pintu di klub striptis di De Nacht, Tilburg, ketika akhir pekan.

Saya berubah dari surga menjadi neraka. Orang-orang tidak tahu betapa dalam saya terjatuh. Saya kehilangan segalanya, benar-benar segalanya. Kami harus hidup dengan keluarga dengan penghasilan 50 euro per pekan, ujar Van Beukering kepada Algemeen Dagblad.

Saya berdiri di depan gereja atau masjid memberikan paket makanan dari Bank Makanan. Paket makanan yang sebenarnya dibutuhkan keluarga dan saya sendiri karena kami tidak memiliki apa-apa di rumah, ujarnya.

Jadikan ini sebagai peringatan untuk pesepakbola lainnya yang berencana untuk memulai petualangan asing di negara spesial, pikirkan uangmu, dan ketahui apa yang anda hadapi, jangan kaget, kata mantan pemain Pelita Bandung Raya itu.

Pekerjaan (penjaga pintu di klub striptis) yang menyenangkan, bisa melihat wanita berjam-jam, siapa yang tidak menginginkannya, sejauh ini, ini adalah klub terbaik dalam karier saya, pungkasnya.

Topik Menarik