Yuk Ketahui 7 Fakta Menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo

Yuk Ketahui 7 Fakta Menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 17:33
share

JAKARTA -Fakta menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo tentu akan menarik mayoritas masyarakat Indonesia. Karena dalam beberapa tahun ini, pecinta bulutangkis tanah air disuguhkan dengan permainan cantik Kevin.

Salah satu atlet bulutangkis yang menarik banyak perhatian bangsa ini adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo. Permainan atraktifnya mampu membuat para bulutangkis mania berdecak kagum.

Kevin Sanjaya Sukamuljo tercatat sering menorehkan tinta emas di kancah dunia. Bersama duetnya, Marcus Fernaldi Gideon, mereka sanggup menjadi juara kompetisi bulutangkis paling bergengsi.

Hal itulah yang membuat netizen selalu saja penasaran dengan fakta menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo. Apa saja fakta-faktanya? Berikut Sportstars akan tampilkan rangkumannya.

Fakta Menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo

1. Pernah Gagal Seleksi Masuk PB Djarum

Fakta menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo diawali dari pernah gagal seleksi masuk PB Djarum. Karir di dunia bulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo ternyata pernah temui batu sandungan.

Tepatnya di tahun 2006, dia pernah dinyatakan tidak lulus seleksi masuk PB Djarum. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan dari Yoppy Rosimin, selaku Direktur Olahraga Djarum Foundation.

Kata menyerah tidak ada dalam kamus kehidupan sang Kevin Sanjaya Sukamuljo. Dia mencoba seleksi lagi di tahun 2007 dan ia akhirnya dinyatakan lolos masuk PB Djarum.

2. Mulai Berkarir Sejak Usia Sangat Belia

Bakat hebat bermain bulutangkis Kevin Sanjaya Sukamuljo sudah terlihat sejak usianya masih sangat belia. Hal bakat ini terlihat ketika umurnya masih menginjak 3,5 tahun.

Hal itu membuat keluargaKevin Sanjaya Sukamuljo berniat memasukkan anaknya ke PB Djarum. Terbuktiitu keputusan bagus, karena namanyabercokol di ranking 1 BWF bersamaMarcus Fernaldi Gideon.

3. Pernah Bermain Ganda Campuran

Sebelum berpasangan dengan Marcus,Kevin Sanjaya Sukamuljo ternyata pernah bermain ganda campuran. Greysia Polii, Della Destiara Haris, Masita Mahmudin dan Ni Ketut Mahadewi Istarani merupakan pebulutangkis putri yang pernah jadi partnernya.

Greysia Polii menjadi partner duet campurannya yang mengesankan bagi dirinya. Mereka berdua mampu mengalahkan ganda campuran China peringkat 1 dunia, Zhang Nan/Zhao Yunlei di Indonesia Open 2014 silam.

4. Target Selanjutnya Olimpiade Paris 2024

Mengikuti gelaran akbar sekelas Olimpiade merupakan cita-cita seluruh atlet di dunia. Tak terkecuali dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo. Bisa tampil dan memenangkan medali emas Olimpiade merupakan impian terbesarnya selama ini.

Impian untuk tampil di Olimpiade telah terwujud. Namun untuk medali emas urung dia dapatkan. Pasalnya di Olimpiade Tokyo 2020 kemarin mereka harus tunduk dari duet putra Malaysia, Aaron Chia/Soo Wooi Yik di babak perempat final.

Karena itu medali emas Olimpiade Paris 2024 adalah target selanjutnya bagi Kevin Sanjaya Sukamuljo.

5. Pernah Dicurangi Wasit

Ternyata permainan apik Kevintak selamanya berbuah kemenangan. Dia tercatat pernah dicurangi wasit. Hal itu terjadi tatkala Kevin Sanjaya/ Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira bersua pasangan ganda putra China, Li Junhui/Liu Yuchen di Kejuaraan Asia tahun 2013.

Kejanggalan dimulai ketika wasit menganulir 4 servis dari Kevin Sanjaya Sukamuljo. Alhasil bersama pasangan duetnya, Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira, harus mengakui kekalahan dari pasangan ganda putra China itu.

6. Flying Kevin Menjadi Julukannya

Permainan atraktif yang ditunjukkan Kevin Sanjaya Sukamuljo ternyata membius para bulutangkis mania. Hal itu membuat banyak para penggemar dari negeri gajah putih, Thailand, menyematkan julukan Flying Kevin kepada dirinya.

7. Pernah Berganti Partner Duet Ganda Putra

Tak selalu dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon, ternyata Kevinpernah dipasangkan dengan beberapa pebulutangkis putra. Salah satunya bersama Mohammad Ahsan. Merekadijuluki The Daddiesdi gelaran Thomas-Uber Cup 2022 kemarin.

Hanya butuh beberapa hari, Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan memiliki chemistry yang klop. Bahkanmereka berhasil mengalahkan duet andalan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, di partai semifinal Thomas-Uber Cup 2022 danmencapai partai final.

Demikian informasi mengenai Fakta menarik Kevin Sanjaya Sukamuljo. Aksi dan prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo pasti sangat ditunggu para pecinta bulutangkis tanah air, patut kita tunggu.

Topik Menarik