Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Robert Alberts Ikut Bangga

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Robert Alberts Ikut Bangga

Olahraga | BuddyKu | Kamis, 16 Juni 2022 - 07:33
share

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts ikut merasakan kebahagiaan atas pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Pelatih asal Belanda itu melihat ada perkembangan yang dibawa oleh Shin Tae-yong ke Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia finis di peringkat kedua klasemen runner-up terbaik dengan perolehan enam poin. Skuad Garuda unggul selisih gol atas empat pesaing lainnya, termasuk sesame tim Asia Tenggara yakni Thailand dan Malaysia.

Kepastian tersebut didapat usai Timnas Indonesia mempermalukan Nepal tujuh gol tanpa balas di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu 15 Juni 2022.

Di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023, duo Persib, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto turut membantu Timnas Indonesia merebut tiket ke putaran final. Nama terakhir sukses mencetak satu gol kala Timnas Indonesia menekuk tuan rumah Kuwait dengan skor 2-1 di laga perdana.

Saya ucapkan selamat kepada Timnas dan pemain-pemain, selamat telah lolos dengan predikat runner-up terbaik di fase kualifikasi ini, kata Robert dikutip laman resmi klub, Kamis (16/6/2022).

Wajar jika Robert turut memberi atensi pada keberhasilan Timnas Indonesia. Sebab, pencapaian tersebut merupakan yang pertama kali sejak 15 tahun terakhir. Terakhir kali Timnas Indonesia mentas di Piala Asia yakni pada edisi 2007.

Itu pun Indonesia berstatus sebagai tuan rumah sehingga tidak harus malalui jalur kualifikasi. Sementara terakhir kali Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia lewat Kualifikasi yakni pada edisi 2004.

Saat itu Timnas Indonesia berada satu grup dengan Arab Saudi, Yaman dan Bhutan. Timnas Indonesia kala itu finis sebagai runner-up Grup C di fase kualifikasi.

Topik Menarik