“The Minnions" Siap Bangkit

“The Minnions" Siap Bangkit

Olahraga | koran-jakarta.com | Selasa, 7 Juni 2022 - 03:45
share

JAKARTA - Ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dipastikan kembali bermain di Indonesia Masters 2022. Pasangan itu sempat diragukan tampil di turnamen BWF World Tour Super 500 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (7/6)- Minggu (12/6).

Kondisi tersebut karena Marcus sempat menjalani operasi engkel di Portugal awal April 2022. Marcus harus naik meja operasi setelah merasakan sakit sampai kesulitan berjalan sejak All England 2022 pertengahan Maret lalu. Walaupun operasi Marcus berjalan sukses, dirinya terpaksa absen membela Indonesia pada Kejuaraan Asia 2022 dan Piala Thomas 2022 karena harus menjalani pemulihan.

Ketika Marcus menjalani pemulihan, Kevin mendapatkan pasangan baru di Piala Thomas 2022, bersama Bagas Maulana dan Mohammad Ahsan. Sementara itu, Marcus mulai berlatih di lapangan sejak 3 Mei lalu. Pada Indonesia Masters 2022 nanti, Marcus/Kevin akan berstatus ganda putra unggulan pertama.

The Minnions, julukan Marcus/Kevin, dijadwalkan menghadapi wakil Prancis, Cristo Popov/Toma Junior Popov, pada putaran pertama. Marcus/Kevin bukan satu-satunya ganda putra Tanah Air yang berstatus unggulan Indonesia Masters 2022. Terdapat dua ganda putra lainnya yang juga berstatus unggulan. Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Secara keseluruhan, PBSI mengirim tujuh ganda putra ke Indonesia Masters 2022. Dari sektor tunggal putra, terdapat dua wakil Indonesia yang berstatus unggulan. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Adapun satu-satunya wakil Indonesia yang berstatus unggulan di sektor ganda putri adalah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Sementara itu, pemain tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, akan langsung menghadapi unggulan pertama, Viktor Axelsen, pada laga perdana. Vito, panggilan Shesar Hiren Rhustavito, sudah harus bertemu peraih medali emas Olimpiade Tokyo sekaligus unggulan pertama Viktor Axelsen (Denmark).

Dari catatan pertemuan, Vito kalah dalam dua pertandingan melawan Axelsen. Kekalahan terjadi pada babak 16 besar Indonesia Masters 2020 dan perempat final Swiss Open 2021. Vito menyadari perjuangannya tak mudah melawan Axelsen.

Namun, dia siap tampil mati-matian dan memberi perlawanan kepada tunggal putra nomor satu dunia itu. "Tentunya lawan Viktor tidak mudah ya. Dua kali pertemuan, saya kalah," ujar Vito dalam konferensi pers Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (6/6).

Peserta Antusias

Sejumlah atlet bulu tangkis yang ikut ambil bagian dalam turnamen Indonesia Masters 2022 sangat antusias karena bisa kembali berlaga di Istora Senayan, Gelora Bung Karno Jakarta, setelah sempat absen akibat pandemi. "Senang bisa kembali ke Istora. Setiap ke Indonesia, saya begitu menyukai masakan dan suasananya yang menyenangkan," ujar pebulutangkis ganda campuran Denmark Alexandra Boje.

Indonesia Masters 2020 menjadi turnamen terakhir yang digelar dengan kehadiran penonton di Istora. Sedangkan Indonesia Open harus disayangkan tak bisa digelar karena mengikuti keputusan pemerintah yang melarang semua kegiatan di luar rumah.

Kondisi sempat membaik satu tahun berikutnya, saat Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mendapat keleluasaan untuk menggelar kedua turnamen berkelas BWF Super 500 dan Super 1000, meski harus dilangsungkan dengan sistem gelembung. ben/G-1

Topik Menarik