Liga Selancar Dunia Sedot 6 Juta Penonton, Sandiaga Uno Puas Sampai Bilang Begini

Liga Selancar Dunia Sedot 6 Juta Penonton, Sandiaga Uno Puas Sampai Bilang Begini

Olahraga | BuddyKu | Selasa, 7 Juni 2022 - 02:30
share

AJANG World Surfing League Championship Tour (WST CT) G-Land Pro 2022 sukses digelar di Pantai Plengkung, Banyuwangi, Jawa Timur, pada 28 Mei hingga 4 Juni 2022.

Event selancar internasional itu mampu memikat lebih dari 6 juta pasang mata dari seluruh dunia untuk menyaksikan para peselancar bermain di ombak yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo itu.

Untuk diketahui, Pantai Plengkung yang disebut juga G-Land ini merupakan salah satu lokasi surfing dengan ombak kiri terbaik di dunia.

Ajang WST CT G-Land Pro pun menjadi kegiatan olahraga dengan social engagement tertinggi ketiga setelah National Basketball Association (NBA) dan National Football League (NFL/liga football AS), mengalahkan MotoGP yang berada di posisi sembilan.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, WSL ini membawa dampak langsung pada kebangkitan ekonomi di daerah, juga sebagai ajang promosi yang efektif karena event sport tourism ini mendapat liputan media internasional.

Cara terbaik bagi daerah yang menjadi destinasi surfing kelas dunia adalah dengan mengadakan kompetisi WSL tahunan yang mendatangkan peselancar internasional. Selain meningkatkan pendapatan ekonomi daerah, juga menghasilkan liputan media ke seluruh dunia, kata Sandi.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa menambahkan, Indonesia sudah dikenal oleh para peselancar sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia lantaran memiliki ombak sepanjang tahunnya. Termasuk ombak yang menjadi impian para surfer dunia yaitu G-Land.

Topik Menarik