Profil dan Agama Rafael Nadal, si Raja Tanah Liat yang Gegerkan Dunia Tenis

Profil dan Agama Rafael Nadal, si Raja Tanah Liat yang Gegerkan Dunia Tenis

Olahraga | BuddyKu | Senin, 6 Juni 2022 - 06:49
share

PARIS Profil dan agama Rafael Nadal sangat menarik untuk disimak saat ini. Petenis Spanyol berjuluk Raja Tanah Liat itu baru merengkuh gelar ke-14 di grand slam Prancis Terbuka .

Nadal memenangi Prancis Terbuka 2022 usai mengalahkan petenis Norwegia, Casper Ruud, di Philippe-Chatrier, Paris, Minggu (5/6/2022) malam. Tak tanggung-tanggung, Nadal menang 6-3,6-3, 6-0.

Dia menjadi petenis tersukses di grand slam tanah liat Prancis Terbuka dengan 14 gelar. Sampai saat ini, belum ada petenis yang mampu memecahkan rekor gelar Nadal di ajang tersebut.

Profil dan Agama Nadal Rafael Nadal lahir 3 Juni 1986 di Manacor, Mallorca, Spanyol dari pasangan Sebastian Nadal dan Ana Maraa Parera. Dia juga memiliki seorang saudara kandung bernama Maraa Isabel.

Si Raja Tanah Liat menikah dengan Mara Francisca (Xisca) Perello pada Oktober 2019 di Port de Pollena, Mallorca. Keduanya telah menjalin hubungan asmara sejak 2005.

Nadal yang merupakan fans berat klub sepak bola Real Madrid memiliki organisasi nirlaba Fundacion Rafa Nadal yang berfokus pada membantu anak-anak di Spanyol. Yayasan yang dibuat Nadal juga membantu pembangunan sekolah di negara bagian Andhra Pradesh, India.

Agama Rafael Nadal Berdasarkan dari berbagai sumber, agama yang dianut oleh Rafael Nadal adalah Kristen. Hal ini berdasarkan berbagai ucapan Selamat Natal yang dilakukannya dalam berbagai kesempatan.

Selain itu nama belakangnya Nadal memiliki arti Christmas di Spanyol. Sehingga dalam bahasa Spanyol menggunakan istilah Bon Nadal atau selamat Natal.

Karier Tenis Rafael Nadal Di awal tahun 2002, Nadal memulai kariernya sebagai petenis. Kala itu di usianya menginjak 15 tahun dan dia berhasil menorehkan kemenangan perdana pada turnmen ATP (Association of Tennis Professionals).

Setahun berselang Nadal dinobatkan sebagai pemain tenis termuda kedua terbaik berkategori tunggal dalam 100 besar pesaing dunia lainnya. Di akhir 2003, dia pun secara mengejutkan masuk ke jajaran nominasi 50 terbesar dalam kategori meraih dua gelar Challenger.

Debutnya di Wimbledon terbilang mencuri perhatian karena Nadal berhasil mencapai putaran ketiga yang membuatnya menjadi pemain termuda tiba di tahap itu. Seiring berjalannya waktu, performa apik Nadal terus meningkat bahkan berhasil menyabet 22 kali gelar grand slam dengan 14 di antaranya di Prancis Terbuka.

Sejauh ini Nadal telah mengantongi beberapa gelar maupun prestasi dari kompetisi tennis. Di antaranya ada juara Grand Slam sebanyak 22 kali di tunggal putra terbanyak, gelar French Open (Roland Garros) sebanyak 14 kali (2005-2008, 2010-2014, 2017-2020 dan 2022), US Open sejumlah 4 kali (2010, 2013, 2017, 2019), Kejuaraan Wimbledon 2 kali (2008, 2010), dan Australia Open 2 kali (2009 dan 2022).

Dari keempat turnamen tenis tier tertinggi tersebut, Rafa paling banyak menjadi juara di French Open. Rafael Nadal kerap menggemparkan lapangan tanah liat sehingga dia disebut sebagai Raja Tanah Liat dengan jumlah titel Roland Garros (Prancis Terbuka) terbanyak yakni 14 kali gelar.

Selama kariernya sebagai Petenis Nadal mendapatkan gaji yang tinggi. Berdasarkan dari sumber kekayaan yang dipegang olehnya mencapai USD200 juta atau senilai Rp2,9 triliun.

(sto)

Topik Menarik