Loading...
Loading…
3 Teknik dan Jenis Latihan Menendang Bola untuk Pemula

3 Teknik dan Jenis Latihan Menendang Bola untuk Pemula

Powered by BuddyKu
Olahraga | Sportstars | Sabtu, 04 Juni 2022 - 08:55

JAKARTA-Permainan sepak bola bisa berjalan bilapara pemain memahami tiga jenis latihan menendang bola. Menendang bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola.

Tetapi, masih banyak yang menganggap sepele teknik menendang bola. Meskipun kelihatannya gampang, tetapi bila tidak dilatih dan didalami akan membuang peluang saat dibutuhkan.

Berikut sportstars.id telah merangkum beberapa teknik dasar dan jenis latihan menendang bola. Yuk, simak! Jenis Latihan Menendang Bola untuk Pemula 1. Teknik Latihan Menendang Bola dengan Kaki Bagian Luar

Jenis latihan menendang bola dengan kaki bagian luar bertujuan untuk melatih pemain, agar dapat menendang bola dengan jarak yang dekat.

Namun, akurasi menggunakan teknik latihan ini kurang tajam dibandingkan teknik tendangan bola dengan kaki bagian dalam.

Berikut langkah-langkah melakukan teknik tendangan kaki bagian luar : Posisi awal tubuh berdiri tepat di belakang bola yang sudutnya sekitar 30 derajat. Posisi kaki bagian kiri yang menjadi penumpu tubuh berada di sisi bola yang hendak ditendang dengan jarak yang hanya sekepalan tangan. Kedua tangan rileks untuk menjaga tubuh tetap seimbang. Sementara untuk kaki kanan dipakai untuk menendang bola yang agak bisa diputar ke arah dalam. Tetap fokuskan pandangan pada bola yang akan ditendang. Kemudian bersiap mengayunkan kaki yang akan kalian pakai untuk menendang bola Posisikan bola ditendang ke arah depan. Setelah itu sentuhkan atau kenakan sisi luar kaki ke bola yang ada dihadapan anda. Lanjutkan dengan mencondongkan atau menggeser berat badan ke tubuh bagian depan. 2. Teknik Latihan Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam

Baca Juga :
Inilah 5 Contoh Latihan Daya Tahan Tubuh

Latihan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam merupakan cara yang akurat untuk menendang bola dengan jarak yang relatif dekat.

Tetapi, menggunakan teknik menendang bola dengan bagian dalam harus berhati-hati karena dengan menggunakan teknik ini, bola bisa saja melaju ke arah yang tidak diinginkan.

Berikut cara melatih tendangan dengan kaki bagian dalam :

Posisi awal mengambil sikap tubuh berdiri dan hadapkan tubuh pada arah bola. Kemudian posisikan kaki kiri bertumpu di samping bola sambil agak menekuk lutut. Tidak lupa untuk mencondongkan tubuh agak sedikit ke belakang. Supaya seimbang, kedua tangan perlu ditekuk sedikit pada sisi tubuh. Fokuskan pandangan pada bola dan juga sasaran tembak yang sudah direncanakan. Bola harus dibidik tepat pada bagian tengah dengan menggunakan kaki sisi dalam. Setelah itu, ayunkan kaki kanan dari belakang menuju ke depan sambil menendang bola pada bagian samping. Tumpukan berat badan pada kaki yang digunakan untuk menendang (biasanya kaki kanan) sesudah melakukan tendangan. Setelah mendahulukan kaki, lalu mendaratlah dengan sempurna dan jika berhasil, maka sudah menguasai teknik tendangan ini. 3. Teknik Latihan Menendang Bola dengan Punggung Kaki

Baca Juga :
Mengenal Olahraga Parkour: Pengertian, Teknik Beserta Trik

Jenis latihan ini digunakan ketika menendang bola yang jarak tempuhnya jauh. Teknik ini pun sangat penting untuk dilatih supaya lebih tepat sasaran.

Terutama untuk mengarahkan bola ke arah yang mereka targetkan, karena menggunakan teknik menendang dengan punggung kaki biasanya lebih terarah dan memiliki power yang kuat.

Berikut cara melatih tendangan dengan punggung kaki :

(Nathasya Regina Sihombing)

Original Source

Topik Menarik

{