Loading...
Loading…
Shin Rilis 23 Pemain untuk Kualifikasi Piala Asia

Shin Rilis 23 Pemain untuk Kualifikasi Piala Asia

Olahraga | koran-jakarta.com | Sabtu, 04 Juni 2022 - 03:48

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menetapkan 23 pemain untuk kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan pada 8-14 Juni. Tim tanpa diperkuat gelandang sayap Egy Maulana Vikri. Egy tidak masuk daftar karena cedera.

Demikian juga dengan Irfan Jauhari, Ernando Ari, dan Evan Dimas yang sebelumnya dipanggil saat melawan Bangladesh juga dipastikan tak berangkat lantaran alasan sama. Namun demikian, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan optimistis skuad Garuda lolos Piala Asia 2023.

"Dengan kerja keras dan dibantu doa seluruh rakyat, saya optimistis bisa lolos ke putaran final Piala Asia," ujar Iriawan dalam laman PSSI, Jumat (3/6). Pemain-pemain seperti Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Ridho, Stefano Lilipaly, Witan Sulaeman, Fachruddin Aryanto, Muhammad Dimas Drajad, Saddil Ramdani, Ricky Kambuaya dan Pratama Arhan siap bertempur dalam kompetisi tersebut.

Indonesia berada di Grup A bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah Kuwait. Dalam laga perdana, Indonesia akan langsung menghadapi Kuwait, Rabu (8/6). Kemudian, menantang Yordania (11/6), dan Nepal (14/6). "Kita akan bekerja maksimal melawan Kuwait, Yordania, dan Nepal," ucap Shin Tae-yong.

Baca Juga :
Persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023, Ini Jadwal TC Timnas Indonesia

"Apalagi kita memang di pot 3. Pot 1, 2 lebih bagus dari kita. Begitu tiba di Kuwait, saya akan mempersiapkan tim dengan benar-benar matang," sambung pelatih asal Korea Selatan itu. Sebelumnya, pelatih Bangladesh, Javier Cabrera, memprediksi Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. Juru taktik asal Spanyol itu melihat secara kualitas Indonesia merupakan tim yang kuat.

"Secara kualitas, Indonesia adalah tim kuat. Saya kira mereka mempunyai peluang melaju ke Piala Asia 2023," ujar Javier. Menurut pria berkepala plontos itu, skuad Garuda tangguh lantaran memiliki sederet pemain muda berbakat. Dalam pandangan Javier, pemain Indonesia mempunyai kecepatan yang menyulitkan lawan di lapangan. Ya, tapi ini pernyataan tamu. Timnas tak boleh terlena karena melawan Bangladesh saja tidak bisa menang.

Sebab dalam pertandingan, sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Timnas Bangladesh di Stadion si Jalak Harupat, Bandung. Dengan hasil imbang ini posisi Indonesia dalam ranking FIFA dikurangi 0,98 poin dari posisi saat ini 159 karena hanya bermain imbang melawan Bangladesh yang berada di bawah Indonesia. Bangladesh sendiri berada di urutan 188.

Baca Juga :
Top 5 News: Shin Tae-yong Panggil 5 Pemain Muda, Debutan Indonesia Kejutkan Media Malaysia

Sangat disayangkan ketiga pemain asing tidak rampung naturalisasi sehingga tidak bisa memperkuat timnas. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, dan S Pattinama. Padahal, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah memakan waktu empat bulan.

Pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong juga menyesalkan absennya tiga pemain naturalisasi tersebut di Kualifikasi Piala Asia 2023 . Untuk mematangkan persiapan, tim besutan Shin Tae-yong itu sudah mulai menjalani pemusatan latihan (TC) sejak pekan lalu. Namun tetap tidak mudah perjuangan timnas untuk menjadi juara grup A. Bahkan mungkin juga susah untuk menjadi lima runner-up terbaik sekalipun, agar lolos. Kecuali Nepal, dua tim di Grup A berada di atas Skuad Garuda dalam urusan ranking FIFA. Sebelumnya, PSSI menargetkan mereka dapat membela Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Harapan tinggal harapan.

Secara keseluruhan enam pemain dicoret Shin. Lengkapnya mereka adalah Egy Maulana Vikri, Rio Fahmi, Ernando Ari Sutaryadi, Evan Dimas, Rizky Dwi dan Irfan Jauhari. Berikut daftar lengkap 23 pemain untuk kualifikasi Piala Asia 2023: ben/G-1

23 pemain untuk kualifikasi Piala Asia 2023

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners

2. Muhammad Rafli, Arema FC

3. Rizky Ridho, Persebaya

4. Irfan Jaya, Bali United

5. Nadeo Argawinata, Bali United

6. Stefano Lilipaly, Borneo FC

7. Terens Puhiri, Borneo FC

8. Witan Sulaeman, FK Senica

9. Elkan Baggott, Ipswich Town

10. Fachruddin Aryanto, Madura United

11. Koko Ari, Persebaya

12. Marselino Ferdinan, Persebaya

13. Marc Klok, Persib

14. Rachmat Irianto, Persib

15. Ricky Kambuaya, Persib

16. Syahrian Abimanyu, Persija

17. Muhammad Adisatryo, Persik

18. Moh Edo Febriansah, Rans Cilegon FC

19. Dimas Drajad, Persikabo

20. Syahrul Trisna, Persikabo

21. Alfeandra Dewangga, PSIS

22. Saddil Ramdani, Sabah FC

23. Pratama Arhan, Tokyo Verdy

Original Source

Topik Menarik

{